Saturday 8 December 2012

Risoles Ayam (Ragout Ayam keju mayo)

Udah lama niat bikin risoles, tapi nga juga ada gaya untuk mengerakkan niatku ini. Sampe akhirnya rasa lapar mengerakkan lagkahku untuk mulai buat crepesnya dulu. Banyak bahan pendukung yang nga ada sperti tepung panir, dan margarin. Berhubung tekad udah bulat, ya udah, apa yang ada di rumah yang memungkinkan untuk dijadikan bahan subtitusi aku berdayakan. Cornfleks mensubtitusikan tepung panir dan butter wijsman mengantikan margarin, hahaha entah apa rasanya nanti, tapi tetap semangat. OK ini resepnya: (resepnya lupa nemu dimana,,,). :

Risoles Ragout
Original recipe (Kaasflensjes) from Ine DW

Ingredients:
BAHAN KULIT
250 gr terigu
2 bt telur
1 sm minyak goreng
garam
1/2 sendok teh baking powder
650 CC air, aku: 650 cc susu cair full cream
aku: 40 gr susu bubuk full cream

BAHAN RAGOUT AYAM
1 sdm margarin, aku: nga ada margarin, yang ada butter wijsman, mmm embat aja,
50 gr bawang bombay, cincang halus
100 gr daging ayam rebus, suwir-suwir Potong2 lagi supaya suwiran  nggak panjang2. ya…agar panjang serat daging kira kira 1-2 cm aja. (kulit ayam biasanya di buang, untuk ngurangi pasokan minyak:-)) atau bisa diganti 100 gr daging ayam cincang.
100 gr wortel, iris dadu kecil2 (1X1X1 mm)
2 lembar daun bawang, iris halus
300 cc susu cair , aku: tambahkan 100 cc lagi
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
2 sm gula pasir
1/2 sdt pala bubuk
7 sdm tepung terigu (kira2 aja, kekentalannya), aku: 3 sdm udah kental
2 sdm Margarine
aku: kentang 200 gr potong dadu
aku: keju cheddar 180 gr parut kasar
aku: mayones 2 sdm
 
BAHAN PELAPIS:
1 butir telur
200 gr tepung roti taruh di nampan/loyang yang rada lebar agar leluasa
kerjanya, aku: nga punya tepung panir, mikir-mikir ada cornfleks yang udah hampir 4 bulan tersimpan rapi, ya udah aku blender halus.

Directions:
CARA KULIT:
Terigu+minyak goreng+garam+BP+telur, diaduk dengan sedikit air, sampai licin.
Biasanya pakai tangan, sambil di tepuk2, supaya rada liat, kalau liat, kulitnya bisa tipis tidak gampang robek. tambahkan air sedikit2 sampai cukup kekentalannya untuk di dadar di teflon, yang bergaris tengah 24 cm.
Note:
Waktu mengaduk tepung, jangan diremas remas, karena akan menyebabnya tepung meringkil. Kalau kira-kira ngaduknya kurang oke, sehingga ada beberapa yang meringkil, jangan segan2 di saring ya, tentu setelah adonan cair lho.
Kira kira ini jadi 25-30 lembar.
CARA RAGOUT:
1. Tumis bawang bombay dengan 1 sdm margarine dan pala bubuk, sampai bawang layu dan harum pala keluar. masukkan ayam rebus (atau daging ayam cincang) , wortel dan daun bawang. Aduk2 sebentar.
2. Masukkan susu cair, merica, garam, gula. Jangan lupa cicipi ya, asin manisnya yang pas dengan seleramu. Biarkan sampai mendidih, kecilkan api.
3. Masukkan terigu yang di ayak langsung di atas adonan mendidih,  segera aduk adonan, sampai kental. (kalau kurang kental, tambahkan satu atau dua sendok lagi tepung terigu.)
Matikan api, masukkan 2 sdm margarine, aduk sampai margarine meleleh dan rata larut dalam ragout.

Hasilnya: kok rada harum ya, mirip aroma cake, apa karena susu bubuk full creamnya atau cornfleksnya, atau butternya ya, huaaa..... kok kurang pas dilidahku. Lainkali pakai bahan yang sesuai resep deh, kapok pok pok pok. Oh iya sepertinya penambahan moyones juga nga cocok nih, sebelum aku campur mayo udah kerasa enak ragoutnya, trus jadi nyeleneh setelah pake mayo, hiks.. kekaliruan yang bertubi-tubi. Ok besok-besok bikin yang lebih anak lagi ah....

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...