Tuesday 20 November 2012

Cream cheese bikinan sendiri

Tektur cheesecake ku
Aku tidak menggunakan cream cheese asli untuk uji coba resep cheese cake pertamaku, karena stok yang ada habis buat cupcake frosting, maka jadilah aku buat pengganti cream cheese yang udah aku modifikasi dari resepnya dari sini:

Bahan cream cheese rumahan versi aku:
2  blok keju cheddar (berat satuannya 180 gr)
250 ml susu cair full cream
250 ml whipcream cair (dairy whipcream)
3 sdm mentega wisjman
Cara membuat:
Blender keju dan susu hingga keju larut. Kemudian masak dengan api kecil bersama whip cream dan mentega hingga tercampur semua bahan kurang lebih 5 menit. Dan jadilah cream cheese versi aku.

Aku berani membuat dengan sesuka aku cream cheese ini, mengingat jenis cheesecake ini bukanlah sejenis cake yang sebenarnya (tidak dikategorikan sebagai butter, chiffon, atau sponge cake)  melainkan custard atau mirip-mirip puding atau vla kental. 

Untuk tekstur cake yang dihasilkan dari cream cheese resep ku ini bisa dilihat pada gambar di atas, terlihat yummykan....

4 comments:

Anonymous said...

Ga pake butter bisa ga???

journal ibu hanif said...

bisa, tapi butter memberikan rasa dan aroma yg lebih gurih.., boleh juga diganti margarin tapi rasanya tentu berbeda, semoga mmbantu..

Anonymous said...

Kl ga pk whipped cream bs kah ?

journal ibu hanif said...

Hail mbak.., jawabnya bisa, parut 180 gr keju lalu blender dengan 120 ml susu cair (gunakan merek bearbrand, lebih enak menurutku), tapi tentu soal rasa dairy whipped cream lebih kaya lemak dibanding susu.Selamat mencoba..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...