Tuesday, 20 November 2012

Blueberry cheesecake: First Trial



Berbekal ilmu yang cukup membangkitkan nyali, pagi-pagi buta aku udah menurunkan logistik untuk trial pertamaku menaklukkan cheesecake. Banyak resep yang udah dikumpulkan aku review kembali, saat membaca komposisi tiap resep aku mencoba membayangkan rasa, tektur, dan kelembutan, kandungan air dan volume cake yang akan terbentuk.

Cream cheesenya ku bikin sendiri, resepnya bisa lihat pada tulisanku di sini.


Untuk dasar cake/kulit pienya aku bukin dengan komposisiku sendiri, ini resepnya:


Bahan pie:
2 bungkus oreo cream putih
2 sdm mentega wisjman
Cara membuat:
Blender oreo bersama creamnya, setelah halus aduk dengan mentega, kemudian ratakan diloyang. Aku mengunakan loyang 28x28 cm, kemudian dininkan di freezer sambil kita mengadon custardnya.

Nah aktor utama, pilihlah resep yang benar-benar mengunakan komposisi bahan terbaik jika kita mengininkan hasil cheese cake yang memuaskan. Dari banyak resep yang udah aku review pilihan hati jatuh ke resep yang ada di blog rarajensi. Ini resepnya:

Bahan Custard:
  • 75 gram butter (aku: 80 gr mentega wisjman)
  • 100 gram margine (aku: 100 gr blue band)
  • 110 gram tepung terigu
  • 750 gram cream cheese (aku gunakan cream cheese buatanku 750 gr)
  • 200 gram gula kastor (aku +kan lagi 1 sdm)
  • 60 gram tepung maizena
  • 4 butir telur (aku pisahkan putih dan kuningnya)
  • 2 cup sour cream (aku gunakan yogurt kental, bukan yang encer, 270 gr)
  • 2 sdm sari lemon (aku gunakan 1 sdm jeruk nipis)
  • 1 bungkus vanili (vanili kualitas bagus 1/3 sdt)
  • sejumput garam (aku nga pakai)

cara membuat:
  • panaskan oven (aku mengunakan api kompor sedang 20 menit pertama sekitar 180*C, kemudian api dikecilkan sekitar 150*C)
  • didihkan air panas untuk memanggang dengan tehnik au bain marie.
  • olesi loyang bongkar pasang dengan margarin dan sedikit tepung. (aku alasi Loyang dengan kertar roti lalu diberi mentega)
  • campur margarin dengan tepung, uleni dengan garpu atau ujung jari (yang penting rata, jangan terlalu banyak aduk. nanti keras). beri sejumput garam, setelah tercampur rata, uleni ratakan pada loyang dan jadikan alas.
  • aduk butter, gula dan telur sampai mengembang dan telur kaku.
  • masukkan cream cheese, yogurt dan sari jeruk nipis (lemon), vanili. aduk rata.
  • tuang dalam loyang yang sudah beralaskan adonan tepung dan mentega.
  • panggang dengan cara au bain marie kurang lebih 1 jam. jadi adonan yang sudah masukkan ke loyang, di masukkan ke loyang yang ukurannya lebih besar, dan di isi dengan air panas yang sebelumnya sudah di siapkan. usahakan air merendam sepertiga dari tinggi adonan di loyang.
  • setelah matang, bisa di liat dari bagian tengah udah tidak bergoyang dan kalau di tusuk dengan lidi atau garpu, sudah tidak ada bagian yang menempel, itu artinya sudah matang..

Cara mengadon versi aku:
Bender setengah gula, sisihkan. Mixer putih telur dan gula yang tidak diblender dengan jeruk nipis hingga soft peak, sisihkan. Mixer margarine, butter dan gula hingga creamy, masukkan cream cheese, dan yogurt dengan kecepatan sedang 5 menit. Kemudian masukkan kuning telur satu persatu, mixer 5 menit, setelah tercampur rata, dengan cara aduk balik masukkan campuran putih telur dalam 3 tahap, tuang ke loyang yang sebelumnya telah dimasukkan ke freezer, dan panggang dengan teknik au bain marie selama 70 menit. Aku cek di menit ke 70 ini, cake masih lunak dengan jarak 2 cm dari bibir loyang, aku masukkan lagi ke oven. 25 menit kemudian barulah hanya bagian tengan diameter 5 cm yang masih bergoyang (memang begini kondisi matangnya cheese cake ini berdasarkan info hasil googlingku). Biarkan cake hingga dingin, lalu masukkanaku masukkan freezer selama 2 jam. Lalu tuangi di atas cake selai blueberry 200 gr yang dilarutkan dengan 50 ml air.

Hasilnya:
Ada insiden, aku tidak punya Loyang bongakr pasang, jadi aku mengakalinya dengan melebihkan lapisan kertas roti keluar loyang. Kertas roti yang aku sisakan 2 cm dari pinggir loyang ternyata basah kena uap air ketika keluar dari freezer. Maksud hati hendak mengangkat cake keluar loyang tidaklah terwujud (diluar scenario, hihiks). Ndak jadi deh menampilkan fullbody hasil jepretan cakenya.

Untuk rasa TOP bener, enak………!!!!, puas deh, suamiku pun suka banget. Cizzy dan moistnya custard berpadu dengan pie yang enak dan padat, plus selai blueberry yang asam manis, slurp….., aihhhh… nga cukup sepotong.

4 comments:

Unknown said...

Mbak Naila, kalo whipped cream nya diganti susu cair yg sy kentalkan dg susu bubuk agar pekat, bs tdk yach? Krn sy tdk punya whipped cream yg dairy, adanya non dairy yg biasanya sdh diberi perasa vanila; sy pernah coba utk membuat krimcis gadungan dg ini tdk enak, yg terasa vanila nya, bukan kejunya. Mau beli yg dairy tp stlh dibuka tdk dpt disimpan lama, jd malas. Trmksh sebelumnya ya mbak :)

journal ibu hanif said...

Coba saja campur 180 gr keju cheddar parut kasar lalu blender dgn 120 ml susu cair merk bearbrand lbih enak menurutku, tpi rasanya memang nga sama dgn dairy whipped cream yg kaya lemak susu.., iya non dairy bukan dri lemak susu mbak jd rasanya pun beda..., Smg membantu mbak....

journal ibu hanif said...

Coba saja campur 180 gr keju cheddar parut kasar lalu blender dgn 120 ml susu cair merk bearbrand lbih enak menurutku, tpi rasanya memang nga sama dgn dairy whipped cream yg kaya lemak susu.., iya non dairy bukan dri lemak susu mbak jd rasanya pun beda..., Smg membantu mbak....

Unknown said...

Aslkm.slm knal mbak. Aq udh coba bkin chees cake tapi gatot mbak. Cake ny masih basah pdahal udh lma di oven.. Btw mba padang ny daerah mna? Aq jg padang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...