Tuesday 9 April 2013

Bolu gulung blueberry: lembut dan rendah lemak



Kembali.. aku memodifikasi resep bolu gulung yang sebelumnya telah retak dengan suksesnya. Kali ini kau mengurangi jumlah terigunya. Hasilnya sukses, hanya saja tidak seperti bulu gulung yang mengunakan margarine, bulu gulung ini kurang gurih jika dipadankan dengan selai buah-buahan yang punya karakteristik asam. Bolu ini lebih cocoknya dipadankan dengan selai cream, tapi ya jadinya nga rendah lemak lagi. Ok yang berminat mencoba ini resepnya:

Bahan:
6 kuning telur
3 putih telur (aku 2 butir telur)
90 gr gula pasir (60 gr gula pasir)
60 gr tepung terigu (35 gr terigu protein sedang)
15 gr maizena (aku : 10 gr maizena)
1 sdm susu bubuk (aku: nga pakai)
aku: 1 sdt munjung mayones
90 gr mentega cair (aku:60 ml minyak goreng)
Perisa/esen pandan (aku: 1/3 vanilla bubuk)

Cara:
Oles loyang ukuran 24x18x2 cm dengan minyak lalu alas kertas roti, sisihkan. Campur mayones dengan sedikit minyak goreng aduk hingga tercampur rata, sisihkan. Kocok telur dan gula hingga kental berjejak, lalu masukkan terigu dan mixer dengan kecepatan rendah sebentar saja (asal terigu telah tercampur rata). Kemudian masukkan mayones aduk dengan mixer (cukup sekali putaran saja) lalu masukkan sisa minyak goreng, aduk juga dengan mixer hingga menyentuh dasar panci (sebentar saja, kalo kelamaan mengaduk akan merusak daya emulsi adonan sehingga adonan akan cair, maka dapat dipastikan cake akan berakhir bantat).

Kemudian masukkan ke loyang, lalu panggang dengan api bawah temperature tinggi 200*C, selama 15 menit (ini versi ovenku ya), lalu lanjut api atas hingga permukaan kue berwarna kecoklatan. Angkat, dinginkan sebentar (sekitar 5 menit) lalu balik di atas sarbet, beri selai blueberry,  lalu gulung menjauhi tubuh. Padatkan dengan menekan ringan bolu, diamkan sebentar dikulkas (sekitar 10 menit).

Tips: takarlah bahan dengan benar, karena bolu gulung ini bersifat sensitive terhadap perubahan bahan. Ini maksudnya jika kita menambahkan bahan padat berlabih maka bolu gulung akan sulit digulung, agak kaku dan akhirnya akan berakhir retak bahkan patah, seperti insiden sebelumnya yang aku alami saat membuat bolu gulung pandan

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...