Wednesday 17 April 2013

Bolu gulung: eksperimen I subtitusi minyak goreng dengan margarin



Setelah sukses dengan resep bolu gulung yang mengunakan minyak goreng, yang hasilnya bisa lihat di sini. Kali ini aku memberanikan diri mengunakan margarine dan tidak mengunakan teknik aduk balik, melainkan langsung mengaduk margarine yang telah dilelehkan mengunakan mixer. Karena aku hampir sering gagal dalam mengunakan teknik aduk balik maka aku akan mencoba teknik pengadukan margarine mengunakan mixer.

Berikut resep yang aku gunakan:

Bahan:
6 kuning telur
3 putih telur (aku 2 butir telur)
90 gr gula pasir (60 gr gula pasir)
60 gr tepung terigu (40 gr terigu protein sedang)
15 gr maizena (aku : 10 gr maizena)
1 sdm susu bubuk (aku: nga pakai)
aku: 1 sdt mujung mayones
90 gr mentega cair (aku: 60 gr margarine, dicairkan)
Perisa/esen pandan (aku: 3 tetes)

Cara:
Oles loyang ukuran 24x18x2 cm dengan minyak lalu alas kertas roti, sisihkan. Cairkan margarine, ambil satu sendok teh margarine lalu campur ke mangkuk kecil yang berisi mayones, aduk hingga homogen, lakukan terus hingga cairan margarine habis, sisihkan. Kocok telur dan gula hingga kental berjejak, lalu masukkan terigu dan mixer dengan kecepatan rendah sebentar saja (asal terigu telah tercampur rata).

Pada saat aku akan mencampurkan cairan mayones dan margarine terlihat campuran ini mengental, aku heran, kemungkinan asam pada mayones menyebabkan margarine mengental. Pada saat mencampurkan aku agak grogi jadinya tanpa sengaja aku menaikan speed mixer, maka seketida adonan amblas, cair, dan dapat dipastikan akan berakhir bantat, tapi adonan ini tetap aku panggang. Ternyata benar, hasilnya bantat.

Catatan:
Sebaiknya campuran mayones tidak digabung dengan margarine leleh karena campuran ini akan mengental.
Gunakan speed terendah saat akan mencampurkan margarine ke adonan telur, dan hanya sebentar saja, jika tidak adonan akan kehilangan daya emulsinya dan berakhir gatot seperti yang ku alami ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...