Wednesday 3 April 2013

Bolu gulung Pandan



Resep bolu gulung ini aku dapat juga dari kumpulan resep cake andalanku sayangnya aku nga tau ini buku karangan siapa karena sampulnya udah nga ada. Dari buku ini telah aku coba beberapa resep cake yang sampai saat ini jadi andalanku seperti butter cake pisang dan cake tape yang udah pernah aku posting sebelumnya. 

Untuk eksperimen kali ini masih belum memuaskan karena bolu gulungnya patah. Dugaanku ini terjadi karena bolu terlalu padat makanya patah saat digulung. Ok, ini resep hasil eksperimenya:

Bahan:
6 kuning telur
3 putih telur (aku 2 butir telur)
90 gr gula pasir (60 gr gula pasir)
60 gr tepung terigu (50 gr terigu protein sedang)
15 gr maizena (aku : 10 gr maizena)
1 sdm susu bubuk (aku: nga pakai)
aku: 1 sdt mujung mayones
90 gr mentega cair (aku: 60 ml minyak goreng)
Perisa/esen pandan (aku: 3 tetes)

Cara:
Oles loyang ukuran 24x18x2 cm dengan minyak lalu alas kertas roti, sisihkan. Campur mayones dengan sedikit minyak goreng aduk hingga tercampur rata, sisihkan. Panaskan oven dengan temperatur 200*C. Kocok telur dan gula hingga kental berjejak, lalu masukkan terigu dan mixer dengan kecepatan rendah sebentar saja (asal terigu telah tercampur rata). Kemudian masukkan mayones aduk dengan mixer (cukup sekali putaran saja) lalu masukkan sisa minyak goreng, aduk juga dengan mixer hingga menyentuh dasar panci (sebentar saja, kalo kelamaan mengaduk akan merusak daya emulsi adonan sehingga adonan akan cair, maka dapat dipastikan cake akan berakhir bantat). Lalu cek dengan spatula hingga kedasar panci, unutk memastikan minyak tidak mengendap di dasar loyang. Kemudian masukkan adonan ke loyang dan panggang sekitar 10 menit, lalu panggang dengan api atas saja hingga permukaan bolu kecoklatan.

Masalah terjadi saat proses pengulungan bolu ini patah saat digulung,sepertinya karena bolu ini terlalu padat. Lain kali aku akan kurangi jumlah terigunya. Namun rasanya tetap enak dan aku mengunakan whipped cream unutk isiannya.



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...