Thursday 6 June 2013

Sponge cake pandan: eksperimen III, sukses..

Akhirnya resep sponge cake pandan idamanku telah kutemukan kembali setelah utak-atik resep beberapa kali. Alhamdulillah, aku melahapnya dengan penuh haru hehehe, sampe terharunya setengah loyang tulban ukuran 22 cm habis untukku sendiri (doyan tepatnya...), tinggal beberapa potong untuk suami, adiik, angah, dan sisanya kasi tetangga 2 potong, hehehe kalap lagi tapi kali ini nga pake sakit perut, karena udah minum habatusauda/jintan hitam yang manjur untuk maagku.

Teksturnya lembut, tapi masih sedikit lebih lembut sponge cake pandan yang dulu pernah ku buat itu, sepertinya jumlah santan harus ditambah lagi dikit. Ok, bagi yang berminat mencoba ini resepnya:



Bahan
5 butir telur ukuran sedang
200 gram terigu
190 gram gula
13 lembar daun pandan ditambah 50 ml air, diblender, ambil sarinya (aku: 50 ml)
70 ml santan kental
 ½ sdt garam (larutkan bersama air santan)
50 ml minyak goreng

Cara Membuat
Panaskan oven dengan temperature 170*C, lalu olesi loyang tulban ukuran  22x22x5 cm dengan margarine dan beri terigu, sisihkan. Campur santan dan juice pandan, sisihkan. Kocok telur dan gula pasir hingga putih, mengembang, dan kental berjejak (terlihat meninggalkan jejak saat mixer bergerak mengelilingi adonan). Lalu masukkan terigu yang telah diayak lalu campuran santan dan juice pandan  secara bergantian sampai habis dengan speed rendah. Terakhir, masukkan minyak ke dalam adonan, juga gunakan speed rendah (tapi jangan kelamaan mixernya, cukup 10 detik aja), kemudian cek dasar panci dengan spatula untuk memastikan ada tidaknya endapan minyak/santan. Tuang ke dalam loyang dan panggang hingga matang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...