Friday, 20 December 2013

Japanese Roll Cake: menggunakan pewarna buah naga merah

Japanese roll cake sebelumnya udah pernah ku bikin menggunakan oven tangkring, karena nga punya thermometer atau nga menggunakan kertas roti yang double sebagai alas, hasilnya cake bagian bawah agak kecoklatan dan motifnya terlihat tidak menarik. Akhirnya permukaan cake yang lengket ku angkat dengan serbet dan kebetulan bagian ini juga ku beri motif, hasilnya cukup memuaskan.


Sekarang masih tetap menggunakan resep yang sama dengan yang di sini tapi ada sedikit modifikasi. Cake ini sebenaranya ku buat juga untuk Hanif, karenanya aku menggunakan pewarna alami. Sebisa mungkin apa yang dikonsumsi Hanif minim dari bahan-bahan aditif.

Walaupun aku sering membuat kue/cake manis, Hanif tidak ku biasakan menyantap makanan manis yangku buat, paling cuma sepotong, alasannya karena makanan yangmengandung gula, terigu, atau lemak jenuh sangat nga baik intuk kebiasaan pola makannya kelak. Kalo ibunya udah terlanjur basah mencintai dunia baking dan kue/cake manis, kalau ditilik dari makanan tradisionalnya sepertinya orang melayu ada kecenderungan suka makanan manis-manis. Berikut resepnya:




Bahan A (kuning telur) :
4 kuning telur
30 gr gula pasir
40 cc minyak 
60 cc air
80 gr terigu protein rendah

Bahan B (putih telur): 
4 buah putih telur
60 gr gula
2 sdt tepung maizena

Bahan motif:
Ambil 3 sdm bahan kuning dan putih telur yang telah dicampur, beri pewarna. Aku pakai pewarna dari buah naga merah yang diblender halus, gunakan ½ sdt saja.

Bahan krim :
150 Ice cream strawberi bubuk
2 kaleng susu bearbrand
150 whipcream bubuk
4 buah strowberi, potong dadu.




Cara membuat cake:
Aku nga pakai acara mencetak motif karena pingin praktis, langsung olesi loyang dengan margarin alasi kertas roti, olesi lagi margarin dan alasi dasarnya saja dengan kertas roti. Sisihkan.
Kocok kuning telur dan gula hingga kental dan agak memutih, masukkan air, garam, aduk dengan mixer kecepatan rendah, lalu masukkan minyak, kemudian terigu yang langsung diayak di atas adonan, mixer dengan kecepatan rendah juga.

Kini buat adonan putih telur. Kocok gula, perasan jeruk nipis, dan putih telur hingga soft peak, masukkan tepung maizena dengan cara diayak langsung diatas adonan, mixer hingga tercampur. Hidupkan oven seting disuhu 170*C. Ambil 3 sdm adonan, campur dengan perwarna lalu aplikasikan motif sederhana, lalu panggang 1 menit. Keluarkan dari oven, seting oven di suhu 180*C. Masukkan sisa adonan ke loyang yang telah diberi motif, ketuk-ketuk dasar loyang lalu panggang selama 15 menit.

Cara membuat krim:
mixer dengan kecepatan tinggi seluruh bahan krim kecuali strowberi hingga mengembang lalu masukkan potongan strowberi, aduk rata, diamkan di freezer sekitar 15 menit, dan krim siap digunakan.

Setelah cake keluar oven diamkan sekitar 10 menit, lalu balik ke atas serbet, kemudian balik sekali lagi, gulung dan biarkan dingin. Setelah dingin beri isian cream lalu gulung.


3 comments:

Nabila Khairunnisa said...

Bun ini creamnya gak leleh di suhu ruang?

Nabila Khairunnisa said...

Bun ini creamnya gak leleh di suhu ruang?

Naila hari said...

Hai mbak Nabila...
Ia meleleh mbak di suhu ruang karena isian ini sebenarnya ice cream...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...