Friday 20 December 2013

Bakpao pandan dengan isian kacang merah: lembut dan legit

Kangen makan bakpao yang dulu seringku beli ketika masih dinas di Rengat, isiannya enak, pasta kacang hijau tapi punya rasa yang khas seperti ada campuran bawang merah, aku kurang yakin apa benar pakai campuran bawang merah. Sempat aku cari di google tapi nga ada selai/pasta isian untuk bakpao yang pake campuran bawang merah, karena penasaran aku nekad mencampurkan irisan bawang merah ke adonan pastanya dan ternyata emang mirip aromanya dengan isian bakpao yang pernah aku coba di Rengat dulu, harum, gurih dan legit.


Untuk kulit bakpao sumbernya aku lihat di sini dengan sedkit modifikasi, sedangkan untuk resep isiannya nga aku catat berapa komposisi pengunaan bahannya, tergantung selera masing-masing aja ya. Untuk hasilnya aku puas, bakpaonya empuk dan lembut, isiannya pasta kacang merahnya juga sesuai harapanku. Mmmm, menyantapnya sambil bernostagia dengan masa sulit itu, terima kasih Allah untuk kebahagian setelah kepahitan hidup.


Ok, bagi yang berminat mari silakan dicoba, berikut resepnya:

Bahan bakpao:
250 gr terigu protein rendah
110 gr kentang kukus
1 sdt ragi instan
½ sdt baking powder double acting
1 sdm gula pasir
½ sdt garam
70 ml santan
30 ml air pandan pekat (diamkan 4 jam, ambil bagian yg mengendapnya)
2 sdt minyak kelapa

Bahan isian bakpao (untuk takarannya boleh sesuaikan sesuai selera masing):
250 gr kacang merah kering, rendam semalaman
500 ml air
1/2 sdt garam
250 gr gula pasir
400 ml santan kental
3 lembar daun pandan
4 siung bawang merah, iris tipis

Cara membuat bakpao:
Ayak terigu, baking powder, dan ragi. Masukkan dalam panci lalu masukkan kentang yg sebelumnya diblender bersama santan dan gula pasir, aduk hingga tercampur rata. Larutkan garam dan air pandan, lalu masukka ke adonan, uleni hingga kalis. Kemudian masukkan minyak kelapa dan aduk hingga adonan terasa tidak lagi berminyak di tangan dan tidak menempel di panci. Diamkan hingga mengembang dua kalinya. Panaskan dandang/panci untuk mengukus.

Lumuri tangan dengan minyak lalu ambil adonan sebesar bola golf, pipihkan dan isi sesuai selera, kalau aku pakai pasta kacang merah bikinan sendiri. Taruh di kertas cupcake atau daun pisang dan kukus hingga matang dengan api sedang selama 15-20 menit. Jangan lupa tutup dandang diberi kain agar uap tidak menetes ke bakpao.

Cara membuat isian:
Masak kacang merah bersama air hingga lunak, sisihkan. Blender kacang merah dan air santan hingga kacang merah hancur. Kemudian masak lagi campuran kacang merah ini dengan santan, garam, gula, dan daun pandan dalam wadah anti lengket ketika hampir mengental masukkan irisan bawang merah lalu masak hingga membentuk pasta. Pasta ini siap digunakan sebagai isian bakpao.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...