Wednesday 4 June 2014

Strawberry cake hias ekonomis



Mau bikin cake ulang tahun ataupun untuk perayaan lainnya nga perlu musti beli dan merogoh kocek dalam dalam, cukup dengan cake dasar yang sederhana dan murah pun kita bisa menghasilkan cake yang layak tampil untuk suguhan hari istimewa. Lihat saja tampilan cake dibawah ini, cukup cantik menurutku (hehe, kata yang bikin..). Untuk menghasilkan cake ini nga lebih dari 50 puluh ribu dana yang dikeluarkan.

Untuk kita yang punya dana pas-pasan tapi pingin juga membuat cake ulang tahun, ide ini cukup memuaskan. Jika tidak suka ada bolong ditengahnya maka sebaiknya tidak menggunakan Loyang tulban. Anda bisa juga menggunakan Loyang bulat saja (diameter 22 cm) (bukan Loyang tulban seperti ini) atau juga loyang petak ukuran 22 cm. Untuk ide menghiaskan sebaiknya diaplikasikan motif sederhana saja jika anda masih belum ahli dalam menggunakan spuit, agar lebih percaya diri. setelah berhasil menyelesaikan motif sederhana baru sebaiknya mencoba tantangan mengiaskan cake yang sedikit rumit menurut anda.

cake hias sederhana

Resep cake dasar yang aku gunakan ini merupakan modifikasi dari resep pandan sponge cake, lalu diberi sedikit hiasan menggunakan butter cream enak buatan sendiri. Sehingga jadilah cake istimewa meski sebenarnya ini adalah bolu yang hias, lumayankan. Oh iya, sebelumnya resep ini juga sudah pernah aku memofifikasinya menjadi green tea sponge cake. Cake ini padat tapi tetap lembut dan tidak seret di kerongkongan. Bagi yang berminat silahkan mencoba berikut resepnya:

Bahan
5 butir telur ukuran sedang (berat seluruhnya tanpa cangkang kurang lebih 200 gr)
200 gram terigu protein sedang
200 gram gula
100 ml susu cair fullcream
100 gr butter, bisa juga djiganti margarin
5 tetes esen strowberry
½ sdt garam
½ sdt baking powder

Cara Membuat

Panaskan oven dengan temperature 170*C, lalu olesi loyang tulban ukuran  22x22x5 cm dengan margarine dan beri terigu, sisihkan. Campur susu cair dengan esen strawberry. Ayak terigu dan baking powder, sisihkan. Lelehkan butter, sisihkan. Kocok telur, garam, dan gula pasir hingga putih mengembang, dan kental berjejak (terlihat meninggalkan jejak saat mixer bergerak mengelilingi adonan). Lalu masukkan campuran tepung 1 sendok makan (sdm), aduk dengan kecepatan tinggi, masukkan 1 sdm tepung lagi, aduk lagi dengan kecepatan tinggi. 

Lalu masukkan campuran terigu yang diselang-selingi dengan susu cair, mixer dengan speed rendah. Terakhir, masukkan butter yang telah dilelehkan ke dalam adonan, juga gunakan kecepatan rendah sebentar saja untuk mencampurnya. Kemudian cek dasar panci dengan spatula untuk memastikan ada tidaknya endapan butter. Tuang ke dalam Loyang. Panggang hingga matang (lebih kurang 25 menit).

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...