Thursday 21 August 2014

Bolu gulung legit dan lembut



Postingan kali ini memenuhi janjiku kepada salah satu pembaca Journal Ibu Hanif, hai Mbak Priscilla, ini resep bolu gulung yang menurutku udah cukup lembut dan legit jika dibandingkan dengan resep bolu gulung ekonomis yang telah aku posting sebelumnya. Hanya saja resep ini mengunakan banyak kuning telur (8 putih telurnya menambah antrian panjang stok putih telur di kulkas dan aku selalu mati gaya untuk menghabiskan putih telur ini…).

Untuk resep ini aku nga begitu melakukan improvisasi (hehe..), hanya menambahkan sedikit 10% lagi margarin, karena dari gambarnya terlihat bolu gulungnya begitu lembut dan legit. Sember resep nya silahkan lihat di blog Mbak Luluk, di sana juga tertera step pembuatannya. Untuk resep ini aku tetap mengunakan emulsifier karena penasaran dengan tekstur yang dihasilkan kalo mengunakan emulsifier. Setelah uji tekstur dan rasa, bedanya adalah cake yang mengunakan emulsifier seratnya lembut mirip kapas, tapi kalo soal rasa menurutku kurang enak, setelah menyantapnya tertinggal rasa getir di lidah. 




Nah, keputusan mengunakan atau tidak emulsifier berpulang pada selera masing-masing, jika senang tekstur yang lembut dan nga masalah dengan sedikit rasa getir dari emulsifier silahkan tetap menggunakan, tapi jika tidak suka mengunakan zat aditif, karena alasan kasehatan silahkan diskip saja toh rasanya tetap enak. Oke, berikut resepnya yang sedikit dimodifikasi:



Bahan:

8 kuning telur
2 butir telur
1 sdt emulsifier
¼ sdt vanili bubuk
100 gr gula pasir
50 gr tepung terigu protein sedang
110 gr margarin/ butter, lelehkan
½ sdt pasta moka
150 ml selai stroberri

Cara membuat:

Panaskan oven disuhu 180*C. Siapkan dua buah loyang ukuran 24x18x3 cm olesi margarin dan alasi kertas roti, sisihkan. Ayak terigu, sisihkan. Kocok telur, vanili bubuk, gula dan emulsifier hingga mengembang, dan jika batang mixer diangkat adonan akan jatuh perlahan membentuk pita. Masukkan terigu yang telah diayak, mixer dengan kecepatan terendah. Setelah tercampur rata masukkan margarin/butter leleh, mixer juga dengan kecepatan rendah, lalu cek dengan spatula untuk memastikan tidak ada endapan margarin di dasar panci. 

Ambil sekitar 200 m adonan, beri perisa moka, aduk rata. Sisa adonan dimasukkan ke dalam Loyang sama banyak lalu beri motif dengan menggunakan adonan yang telah diberi pasta moka. Coret-coret dengan garpu agar terbentuk motif daun. Lalu panggang selama 10-15 menit dengan api bawah lalu matikan api bawah dan gunakan api atas dan panggang hingga permukaan cake kecoklatan. 

Angkat cake lalu balikkan ke serbet bersih. Beri selai stroberi gulung sambil sedikit dipadatkan, setelah agak dingin simpan dikulkas selama 10 menit. Buka gulungan sarbet dan cake siap dipotong. Agar mudah memotong bolu gulung ini gunakan dentalfloss atau benang, hasil potongannya lebih rapi.


10 comments:

Priscilla said...

Waaah, terimakasih mbak Naila sudah rela bersusah payah bereksperimen utk roll cake legit nya. Wah list antrian eksperimen cake sy jd tambah panjang, tp seneng deh. Nanti jika sy telah berhasil menaklukkan lapsur nya mbak Naila yg super legit & lembut sy akan coba jg yg ini.

Kalau sy memang selalu berusaha menghindarkan yg kimia mbak,kecuali kepepet banget deh. Sepertinya selama cake nya banyak lemak (kuning telur & butter) & gula buat sy tetap yummy hehee. Tp ya memang suhunya hrs pas jg, agar hasilnya lembut. Nah ini yg sy blm dapet :/

Sy pernah baca mengenai penggunaan tepung khusus marasquin & fruit powder yg kabarnya jg bisa membuat cake jd lembut krn terbuat dr enzym buah2an yg dpt melembutkan gluten. Tp sekali lg itu next project hehee... yg penting penguasaan oven & suhu dulu br deh lega bisa berimprovisasi spt mbak Naila hehehe

Oya mbak, utk penggunaan putih telur, di blog nya ireneskitchebwi.blogspot.com banyak resep putih telur mbak. Kebanyakan sih steam cake, tp ada lapis surabaya putih telur jg. Yg terakhur ini ckp utk menguras putih telur di kulkas hehe... Mbak Irene nya jg baker profesional yg helpful seperti mbak Naila :) Senang banget bisa ketemu dg baker2 handal. Blog mbak jg akan sy share kan ya mbak bagi yg membutuhkan :D

Sekali lg sungguh terimakasih banyak ya mbak. Tambah sukses ya mbak di dunia per'baking'an ^_^

Priscilla said...

Mbak Naila, cuman mau nambahi sedikit. Sy udah coba salah 1 resep mbak Luluk jg yg homemade kwetiau, hasilnya kenyal. Lumayan, bebas kimia hehe... Hanya numpanh sedikit share bg yg anti kimia seperti sy :)

journal ibu hanif said...

Hai Mbak Priscilla..

Saya setuju dengan mbak, apa lagi kalo buat anak, kasihan kalo dikasi makanan dengan campuran zat aditif, bogul ini terpaksa saya sembunyikan dari anak dan buat lagi versi yang tanpa emulsifiernya hehe..

Duh mbak, bikin saya penasaran nih, hehe, sepertinya enak ya kalo pakai tepung buah, ada aroma dan rasa buah jadinya cake lebih segar gitu..

Kalo eksperimen dengan kentang untuk membuat cake jadi lembut udah pernah saya coba mbak.., untuk base cake black forest ekonomis, hasilnya lembut dan hemat telur.., tapi belum sempat diposting mbak :)

Terimakasih mbak, sudah saya bookmark mbak halaman blog Mbak Irenenya, semoga putih telur saya segera diberdayakan :)


Wah saya masih anak ingusan didunia baking#sambil ngelap hidung, hehe, tapi sungguh seneng bisa berbagi pengalaman terutama yang juga punya rasa ingin tau seperti Mbak Priscilla..

Btw, Mbak Priscilla ada blog? kalo ada bole saya "kunjungi" :)

Sama-sama mbak.., terimakasih juga, dan Happy Baking....

journal ibu hanif said...

Hehe.., jadi pindah fokus, saya juga sering gitu :). Kalo mie dari sayur (warna-warni gitu) udah pernah coba nga mbak? saya udah coba tapi jadinya lengket (cenderung menyatu ketika dimasak), kalo kwetiaunya lengket nga mbak? Saya pingin bikin juga nih untuk anak.., makasih infonya ya Mbak Priscilla..

Priscilla said...

Hallo mbak Naila :) Sy tdk punya blog mbak, krn gaptek heheheh....bisanya hanya browsing. Kalau email ada, ini email sy: pris7universe@gmail.com. Boleh email sy mbak? Supaya bisa tuker2 resep & diskusi lbh enak. Krn mungkin bkn hanya cake sj yg menarik utk didiskusikan hehehe...

Iya mbak, fruit pwdr memang ada aroma tutti fruity nya, jd lbh cocok utk fruit cake. Ini termasuk keluarga cake softerner, sama seperti Spontan & Diva, merk cake softener utk jenis cairnya. Walau alami, tp proses pembuatannya jg tentunya kimiawi; namun tdk full kimia seperti baking powder. Konon emulsifier jg bahan dasarnya adalah lemak, jd tdk full kimia jg. Tp sy tetap pakainya kalo terpaksa sj hehehe

Kata pepatah, padi semakin merunduk semakin berisi. Waaahhh, berarti simpenan ilmunya mbak Naila msh banyak nichh...hehehee.Mbak Naila sdh bisa terima pesanan cake, pasti sdh lihay, bukan anak ingusan lg :D

Terimakasih atas responnya ya mbak

Priscilla said...

Mbak sy belum punya jam terbang di dunia per'mie'an hehehe, krn sy blm punya gilingannya. Maaf sekali ya mbak, jd tdk bisa bantu. Tp jk mau mbak Naila mungkin bisa berdiskusi dg mbak Luluk, karena mbak Luluk banyak membahas tentang home made noodle & mbak luluk sangat membantu jg. Ada jg resep homemade noodle di www.diahdidi.com, & mbak Diah, pemilik blognya jg sangat membantu sekali.

Kalau mie sayur, setahu sy yg tdk tahu apa2 ini, basic nya tetap mie biasa mbak, hanya airnya sj yg diganti dg jus sayuran. Barangkali mie nya perlu direbus dg minyak & air yg banyaaak mbak Naila agar tdk lengket, barangkali sj bisa membantu :) Krn sy pernah membaca bahwa jumlah air ini cukup penting, krn fungsinya utk melarutkan tepung yg melapisi pemukaan mie nya. Oya mbak, apakah mungkin sebelum dimasak mie nya sempat terkena air? Krn sy pernah mengalaminya. Kalau sebelum dimasak minya terkena air, minya jd lengket begitu

Kwetiau nya tdk lengket koq mbak, cuman waktu motongnya pake pisau lengket, jd akhirnya sy gulung lalu sy gunting2 sj, walau hasilnya tdk bisa rapi. Idealnya kita punya loyang teflon persegi mbak, jd hasilnya lbh rapi. Sepertinya dulu sy pakai loyang biasa sy oles minyak, & loyangnya bulat pula. Pokoknya maksa banget de hehe...krn penasaran. Tp hasilnya kenyal, walau semrawut panjang pendeknya :)

Semoga proyek mie selanjutnya berhasil ya mbak ^_^

Terimakasih, sama2 mbak Naila :)

journal ibu hanif said...

Halo juga Mbak Priscilla..
Nga payah kok mbak bikin blog, mbak kan punya akun google, tutorialnya tinggal tanya Om Google, dari cara mbak menulis sepertinya bakal bisa bikin artikel menarik.. :)

Saya tunggu ya mbak artikel pertamanya mbak Priscilla, jadi kita bagi infonya lewat blog aja mbak :)

wah jadi tertarik coba, nanti saya cari tau lbh jauh mbak. Hehe.., masih nyimpan stok ilmu gagalnya mbak dan masih terus belajar dan belajar ^_^

journal ibu hanif said...

Nah, itu kata kuncinya mbak, saya nga pakai air yang banyak untuk merebus mienya, haha ikut kampanye hemat LPG, hasilnya mie sesama mie itu lengket dikasi lem, huaaa sedih bikinnya seharian, sedihnya lagi anak saya udah duduk manis nanyain "mie ayamnya mana bu?" ujung-ujungnya beli mie ayam, hahaha..

Oh, harus pakai teflonnya mbak, nanti saya coba deh panasaran juga nih sama kwetiau, terimakasih ya mbak masukannya, kalo bagus hasilnya saya posting deh, Salam Per'mie'an mbak hehe..

Priscilla said...

Huaahahahaa jd lucu ngebayanginnya, anak udah duduk manis tungguin mie nya. Lho anak mbak Naila sy pikir masih bayi?

Duh sori banget ya mbak telat balesnya, keliwatan pas itu keasikan cuci mata di blog nya mbak Naila, liat mcm2 cake yg bikin fokus utama sy ke lapsur & sponge cake terpecah, jd kalap pengen nyoba semuanya deh. Tp ini uda insap lg koq

Fokus dulu ke sponge cake. Stlh ngabisin telur banyak utk lapsur istirahat dulu, praktek kue yg murah; tar kpn lanjut lg k lapsur, biar ga bokek hehee

Sy jd tertarik mengamati 'chemistry' dr proses pencampuran tepung yg berbeda2 yg ternyata bisa menghasilkan tekstur cake yg berbeda2. Menarik jg. Nanti jika sdh final sy share ya mbak :)Kalau skrg masih mengira2 dlm kebingungan, blm dpt kesimpulan yg pasti. Tp sy terpaksa masih hrs bermain dg emulsifier. Sy tetap penasaran utk menghasilkan sponge cake berpori halus tanpa emulsifier. Semoga mbak Naila berkenan ya membimbing sy :)

Waktu sy bikin kwetiau cuma pakai loyang biasa koq mbak, tp ya hrs dioles minyak, agak ribet & jd belepotan minyak. Krn sy tdk punya loyang teflon jd ya maksa de hehehee

Masalah buat blog entah kenapa, walau sy suka jg nulis panjang kali lebar, tp kalo nulis di blog koq blm ada dorongan gt. Biasanya sy kontek dg 'tokoh2 idola' sy di dunia maya (khususnya di bidang kuliner) yah lwt email atau lwt komen2 seperti ini sj ^_^ Barangkali sj suatu hr nanti ya mbak :)

Terimakasih ya mbak utk responnya
:) Salam.....

journal ibu hanif said...

Hai Mbak Priscilla..
Maaf juga, saya baru bisa balas Mbak..

Hehe, iya Hanif doyan makan.., sekarang mau 3 tahun mbak.., kalo Mbak?

Btw saya udah janji ya menulis artikel tentang pengunaan Susu kental manis sebagai pengganti emulsifer. Dari uji coba resep tersebut ternyata Susu kental manis bisa menghasilkan pori cake yang halus dan lembut dan meningkatkan kualitas rasa cake, mbak..

Jika nanti ada waktu saya postkan artikelnya, terimakasih kembali Mbak Priscilla :)




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...