Tuesday 4 December 2012

Lapis surabaya irit telur

Kesempatan ini aku coba merevisi resep sponge cake yang mengunakan labu kukus. tidak seperti sebelumnya, kali ini kandungan air dari labu yang telah dikukus aku buang, dengan cara memeras menguankan kain. Resepnya udah pernah aku uji sebelumnya di sini. Nah, sekarang aku modifikasi kembali. Berikut resepnya;

Bahan :
6 butir telur (aku: 3  butir)
175 g tepung terigu protein rendah (aku:
70 gr)

3 sdm susu bubuk full cream (aku: 2 SKM)
1/2 sdt vanilli bubuk
125 g gula pasir (aku:
60 gr)

75 ml susu cair (aku: 30 gr puree labu kukus)
1 sdm SP (aku nga pakai)
150 g mentega lelehkan (aku: 80 gr)

aku: baking powder double acting 1/4 sdt
aku: 1 sdt susu cair full cream




Cara membuat :
- siapkan 2 bh loyang 10x20 cm (gunakan 2 resep), oles margarine beri kertas roti dan oles margarine lagi
- ayak tepung, susu dan vanilla bubuk
- campur semua bahan kecuali mentega, kocok dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak.
- masukkan mentega aduk dengan spatula
- tuang ke dalam 2 loyang sama banyak
- oven dengan suhu 200' selama 15 menit......
- angkat dan dinginkan

Untuk lapis coklat bahan cara tetap sama, tapi ganti tepung terigu 30 gr dengan coklat bubuk.

Hasilnya; enak, lembut, tapi kok kurang spongy ya, padahal a ku sudah mengurangi terigunya, apa karena serat labunya kebanyakan ya. Tekturnya mirip butter cake yang lebih lembut. Seperti tipe butter cake yang dibuat dengan teknik kombinasi (yaitu dengan memisahkan putih dan kunig telur. Mmmm, but overall secara keseluruhan hasilnya memuaskan, enak banget deh...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...