Thursday 6 December 2012

Brownies kentang : rada padat

Resep brownies lagi, dan masih pakai resep Ny. Liem yang nemu di blognya mbak rikhe. Mmm gambarnya mengoda. Seperti biasa, aku selalu memodifikasi resep. Aku menggunakan kentang yang di parut halus. Ini resepnya:




Bahan:
- 6 butir telur
- 225 gram gula pasir (aku: 230 gr)
- 1/2 sdt essence vanila
- garam sedikit
- ½ sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalet) aku: nga pakai)
- 125 gram terigu protein sedang (misalnya Segitiga Biru)(aku: 130 gr)
- 50 gram coklat bubuk yg dark/hitam
- 175 ml minyak goreng (aku: 100 ml minyak, 80 gr butter wijsman)
- aku: 100 gr kentang parut
- di blog lain kau lihat mengunakan susukental manis 75 ml, tapi aku lupa menggunakannya)
- 100 gram dark cooking chocolate, lelehkan
- Meisyes coklat untuk lapisan (aku: nga pakai)
- Buttercream atau unsalted butter yg dikocok sebentar untuk olesan (aku: nga pakai)
- Keju parut dan coklat serut untuk topping (aku: nga pakai)

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
2. Lelehkan dark cooking coklat dan campur dg minyak goreng, aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, dan garam hingga mengembang dan kental. Tambahkan essence vanila, aduk rata.
4. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk rata (bisa pakai mixer kecepatan paling rendah atau pakai spatula karet saja). Pastikan seluruh tepung sudah tercampur rata.
5. Masukkan campuran dark cooking coklat leleh dg minyak goreng sedikit demi sedikit. Aduk rata dg spatula aja. Aduk balik sampai homogen.
6. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang persegi ukuran 22x22x7 cm yg telah dialas kertas roti dan dioles mentega tipis. Kukus 10 menit. Taburi meisyes coklat, kukus 3 menit agar meisyes meleleh. Tuang 1/2 sisa adonan lagi. Kukus sampai matang sekitar 20 30 menit.
7. Setelah matang (bisa diuji dg tusuk gigi bersih), segera keluarkan dari panci kukusan. Diamkan hingga agak dingin dan keluarkan dari loyang. Tunggu sampai dingin baru lepaskan kertas rotinya agar tidak merusak pinggiran cake.
8. Oles tipis dg buttercream/butter kocok, taburi dg keju parut dan coklat serut.
 
Hasilnya: teksturnya padat, kurang manis, tampaknya karena kentangnya kebanyakan ya. Tapi masih tetap enak kok. Oh, iya aku lupa motret jadi ini aku paka gambar resep Ny. liem juga tapi resep modofikasinya ada di sini



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...