Thursday 6 December 2012

Brownies kentang : terlalu lembab

Sebelumnya aku udah coba brownies Ny. Liem ini yang aku tambahkan kentang yang diparut halus hasilnya bisa lihat di sini. Masih penasaran untuk memodif resep brownies lagi, dan masih pakai resep Ny. Liem. Aku menggunakan kentang kukus. Karena kentang mengandung pati maka kandungan tepung terigunya aku kurangi.  Berdasar perbadingan resep asli, jika mengunakan 4 telur maka telur maka terigunya sekitar 90 gram tapi aku gunakan hanya 50 gr saja. Oh iya, gimana hasilnya kalo dipanggang ya, apakah teksturnya mirip sponge cake yang bisa buat base nya black forest. Mm daripada penasaran, langsung uji, ini cake aku panggang. Ok, ini resepnya.


Bahan:
- 6 butir telur (aku : 4 butir)
- 225 gram gula pasir (aku : 150 gr)
- 1/2 sdt essence vanilla (aku : ¼ sdt)
- garam sedikit
- ½ sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalet) (aku : nga pakai)
- 125 gram terigu protein sedang (misalnya Segitiga Biru) (aku : 50 gr)
- aku : Baking powder ¼ sdt)
- 50 gram coklat bubuk yg dark/hitam
- 175 ml minyak goring (aku : 80 ml minyak goring dan 40 gr butter)
- 100 gram dark cooking chocolate, lelehkan (aku : 50 gr milk chocolate)
- aku : susu cair full cream 1 sdt
- aku : susu kental manis 2 sdm
- aku : 150 gr kentang di kukus
- Meisyes coklat untuk lapisan (nga pakai)
- Buttercream atau unsalted butter yg dikocok sebentar untuk olesan (nga pakai)
- Keju parut dan coklat serut untuk topping (nga pakai)

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu dan coklat bubuk (dan baking powder). Sisihkan. Kukus kentang hingga lunak. Sisihkan.
2. Lelehkan dark cooking coklat (dan butter), dan campur dg minyak goreng, aduk rata. Kemudian aku blender bersama kentang hingga tercampur rata. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, (dan vanilla bubuk)dan garam hingga mengembang dan kental. Tambahkan essence vanila, aduk rata.
4. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk rata (bisa pakai mixer kecepatan paling rendah atau pakai spatula karet saja). Pastikan seluruh tepung sudah tercampur rata.
5. Masukkan campuran dark cooking coklat leleh sedikit demi sedikit. Aduk rata dg spatula aja. Aduk balik sampai homogen.
6. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang persegi ukuran 22x22x7 cm yg telah dialas kertas roti dan dioles mentega tipis, dan kukus lebih kurang 30 menit. Kukus 10 menit. Taburi meisyes coklat, kukus 3 menit agar meisyes meleleh. Tuang 1/2 sisa adonan lagi. Kukus sampai matang sekitar 20 menit.
7. Setelah matang (bisa diuji dg tusuk gigi bersih), segera keluarkan dari panci kukusan. Diamkan hingga agak dingin dan keluarkan dari loyang. Tunggu sampai dingin baru lepaskan kertas rotinya agar tidak merusak pinggiran cake.
8. Oles tipis dg buttercream/butter kocok, taburi dg keju parut dan coklat serut.

Hasilnya: terlalu lembab, lain kali aku nga pakai susu cair full cream lagi. Terlalu membal, lain kali aku pakai 50 gr saja kentangnya dan terigunya 80 gr. Karena tekstur yang padat ini menurutku resep ini kurang cocok untuk dipanggang, nga sesuai harapanku kalo cake ini bakal mirip sponge cake black forest. Trus kurang manis, ini karena kentangnya kebanyakan kali.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...