Tuesday 12 February 2013

Simple White forest : modifikasi black forest

Aku senang sekali dengan cake hias apalagi kalo sukses membuatnya tapi bagi seorang pemula yang hanya autodidak, sepertinya bukan hal yang mudah bisa membuat cake hias ribet seperti kue pengantin misalnya. Namun aku tetap yakin kalo suatu saat bisa membuat cake-cake cantik itu (ngotot banget, hehe), makanya aku mulai dari mendekor cake dengan hiasan yang simpel, yang aku yakin kalo aku bisa membuatnya karena menurutku jika berhasil menghais cake dengan dekor sederhana, kita akan punya nyali untuk tantangan yang sedikit lebih berat, jadi mulailah dari teknik dekor yang sederhana. Lihat saja black forest cake bikinanku ini sederhana sekali bukan, tapi tetap cantik (kata yang bikin, heheh).

Dengan terus berlatih dan punya niat yang keras (hehe, niat kali, bahkan rela begadang) akhirnya sedikit-sedikit aku mulai bisa mendekor cake dengan teknik yang paling mudah, sederhana, dan tetap cantik dilihat. Lihat saja chocolate flowers cake, rainbow cake, lime cake, atau cake pandan hias ini, semua didekor dengan sederhana. 

Ok, kembali ke topik black forest ini, tapi lebih cocoknya white forest karena nga ada itemnya, hehe. Untuk base cake white forest ini, aku lebih prefer ke tipe chiffon cake di banding sponge cake. Ini karena probabilitas kegagalannya tidak setinggi sponge cake (berdasarkan pengalamanku lo..), selain itu tekstur chiffon cake lebih lembut dibanding sponge cake. Namun ada kelemahan untuk chiffon cake jika mengunakan butter cream sebagai filling dan frosting, yaitu rangka chiffon cake tidaklah sekokoh sponge cake, sehingga ada kemungkinan cake akan turun setelah didekor dan menimbulkan retakan yang membuat hasil dekor nga rapi dan rusak.

Hal itu bisa disiasati dengan mengunakan resep chiffon cake yang tepat dan membuat filling dan frosting yang benar-benar ringan dan lembut, ini bisa didapat dengan cara mengocok butter cream lebih lama (hingga creamy) dan mengunakan shortening lebih sedikit atau mengunakan Italian butter cream dan whipped cream sebagai frosting serta tidak menumpuk cake terlalu tinggi.

Untuk resep chiffon cake sebagai base cake, kali ini aku coba mengunakan resep yang ada di blog wendy dan sedikit aku modifikasi, dengan hanya mengunakan lapisan coklat dan merubah sedikit komposisi bahan. Ini resepnya:

Bahan:

Meringue:
(If you can’t bake 2 pans at once, separate this part into 2)
6 egg whites (from Grade A eggs weighing 65gm shells on)
100gm sugar
½ tsp cream of tartar (aku : mengunakan perasan air lemon 1 sdm sebagai pengganti cream of tar tar)

Coffee layer:
3 egg yolks
50gm sugar
30gm vegetable oil
60gm cake flour
30ml hot water
2 tsp instant coffee (Nescafe Classic)


Chocolate layer:
3 egg yolks (aku: 6 butir)
50gm sugar (aku: 120 gr)
30gm vegetable oil (aku: 80 gr)
45gm all purpose flour (aku: 150 gr terigu protein sedang)
15gm cocoa powder (aku: 40 gr)
30ml water (aku: 80 ml)
1/2 tsp vanilla extract (aku: 1 sdt)


Cara membuat:

1. Prepare 2 8-inch pans (aku mengunakan dua loyang diameter 28 cm dengan tinggi 4 cm), line the base with baking paper. Preheat oven at 150(fan)/170C.
2. Prepare coffee layer mixture. Melt coffee granules in hot water. Let it cool down and combine with the rest of the ingredients until smooth. Set aside and do the meringue.
3. Prepare the chocolate layer mixture. Mix cocoa powder with very hot water. Let it cool down and combine with the rest of the ingredients until smooth. Set aside and do the meringue.
4. Weigh egg whites and record the weight. (keep in mind weight of egg whites + sugar)
5. Beat egg whites until frothy, add in cream of tartar and beat until soft peaks. Gradually put in sugar and beat until stiff (hooked peak).
6. Remove half the meringue (be accurate by weighing) and fold into the coffee mixture.
7. Fold the balance of meringue into the chocolate mixture.
8. Pour both batter into prepared pans and bake for 30 mins.
9. Remove from oven and place on rack. After a short while, gently release the sides and let cake cool down totally in pan.

Untuk frosting dan filling aku mengunakan cream cheese butter cream:
Frosting Cream cheese homemade:
Bahan:
200 gr hollman softcream
200 ml dairy whipcream
100 ml susu cari fullcream
180 gr keju cheddar, parut.
400 gr blue band margarine
50 ml susu kental manis putih
Cara:
Masak dengan api kecil keju, whipcream, dan susu cair hingga keju larut, matikan api, dinginkan. Setelah dingin mixer dengan kecepatan tinggi selama 5 menit. Lalu masukkan softcream, margarine, dan susu kental manis. Mixer hingga creamy. Cream siap digunakan.

Dark cherry Filling:
Bahan:
1 kaleng cheery hitam, pisahkan buah dan airnya
200 ml air
70 gr gula pasir
2 sdm peres tepung maizena
Cara:
Potong dua bagian cherry hitam, sisihkan.
Masak air cherry dan gula, hingga gula larut, kecilkan api. Dalam sebuah gelas, larutkan tepung maizena bersama 200 ml air, kemudian masukkan ke campuran cherry, lalu aduk rata, besarkan sedik api kompor kemudian aduk terus hingga mendidih. masukkan cherry hitam yang telah dipotong, aduk rata, lalu angkat dan dinginkan.

Penyelesaian:
Masukakan butter cream dalam platik segitiga, gunting selebar 1 cm. Ambil selembar cake taruh di atas alas cake lalu semprotkan buttter cream melingkar sejajar pingiran cake. Semprotkan lagi butter cream kira-kira 1.5 cm dari pinggiran butter cream yang telah disemprotkan sebelumnya. lakukan hingga diameter dengan selisih 1.5 cm telah terlingkari semua. Lalu isi bagian yang kosong dengan Dark cheery filiing.
Kemudian tutup lagi dengan cake ke dua. Lalu tutupi crumb dengan butter cream, dinginkan dulu sebentar di kulkas, kamudian tutup kembali dengan butter cream dan rapikan. Yuhuuuuu..., jadilah spmlw white forest pertama ku.

Catatan:
Jika frostingnya rapi dan mulus sebaiknya butter cream tidak dikocok terlalu lama. Tapi aku lebih suka butter cream yang benar-benar ringan dan dengan alasan chiffon cake yang tidak cocok mengunakan butter cream yang berat, maka itulah konsekuansinya, forstingnya tidak mulus mengkilat.

Hasilnya: cakenya lembab tapi cukup padat dan cukup baik untuk dijadikan base cake. Aku nga mencoba bagaimana rasanya karena ini pesanan seseorang, semoga saja memuaskan tapi ada pori-porinya dikit.

2 comments:

WendyinKK said...

Glad you found the cake to be moist and sturdy.
Thanks for trying it out and letting me know

:)

Anonymous said...

Wendy, thank you for your visiting. ya, this cake moist but sturdy, so suitable using butter cream for frosting. :)Thanks for your recipe, wendy...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...