Saturday 1 June 2013

Chocolate Cake with Chocolate Flower



Sebelumnya nga ada niat mau bikin cake hias, niat awalnya masih melanjutkan eksperimen resep lapis surabaya sebelumnya yang masih inginku perbaiki. Setelah cake keluar dari oven aku nga yakin cake ini bakal lembut soalnya saat aku sentuh kok sedikit membal/agak padat, makanya aku nga jadi melanjutkan untuk bikin lapisan kuning.

Tidak hanya cantik, tapi enak dan ekonomis..

Karena tekstur yang agak padat ini aku berinisiatif membuat layer cake yang diberi ganache cream yang masih ada stoknya di kulkas. Untuk dekorasinya pun aku nga niat, karena nga yakin hasilnya akan memuaskan, jadinya dekornya cuma gunakan sendok dengan motif abstrak. Trus mikir kok nga aku coba hias pakai coklat yang dibentuk bunga seperti postingan salah satu member NCC.

Setelah aku lihat totorialnya di youtobe kelihatannya nga ribet. Baiklah hari ini aku akan main-main dengan coklat (sebetulnya aku kurang hobi ngias-ngias cake tapi penasaran dengan hasilnya). Sedikit tips dariku untuk bikin bunga dari coklat ini: lakukan ruang ber AC, apa lagi sekarang kan musim pancaroba, bahkan di Kota Padang aja sudah sampai ke suhu ekstrim di atas 35*C, ckckc.. panasssss. Aku aja, kalo coklat putihnya udah mulai sedikit mengeras tinggal di taruh di teras trus alasi oyang beberapa menit aja udah cair lagi (nga perlu pakai di tim, hehehe….). Eh, kupikir bikinnya nga sampe 10 menit ternyata cukup menyita waktu juga, tapi kalo 2 bunga si nga lama.

Nah, setelah cake dipotong dan aku icip, mmmm…, hasilnya diluar dugaanku, aku telah underestimate dengan tekstur cakenya. Kenyataanya cake ini enak…, lembut…., lihat saja gambarnya. Ok, ini resepnya:


Bahan lapis coklat:
6 butir telur
100 gram gula pasir
½ sdt emusifier
80 gram terigu protein rendah misal kunci biru
25 gram coklat bubuk
10 gram maizena
10 gram susu bubuk
2 sdm susu cair full cream
60 gram mentega, 30 gr butter, lelehkan dan dinginkan
1 sdm susu kental manis
30 ml minyak goreng
½ sdt mayones

Frosting:
Ganache cream

Bunga dari Coklat:
Bisa lihat di sini tutorialnya.

Cara membuat lapisan kuning:
Olesi dua loyang 18x18x4 cm dengan margarine dan alasi kertas roti. Ayak seluruh bahan kering (terigu, maizena, coklat bubuk dan susu bubuk). Lelehkan margarine, butter, dan susu kental manis, sisihkan. Campur sedikit-sedikit minyak ke dalam wadah kecil yang berisi mayones, sisihkan. Panaskan oven dengan api sedang, sekitar 180*C (aku pakai oven tangkring, jadi pakai perasaan yang halus ya… hehehe). Kocok telur dan gula, setelah setengah mengembang masukkan emulsifier, kocok hingga kental berjejak, lalu masukkan campuran terigu dalam 3 bagian (1 bagian masuk, kocok dengan mixer kecepatan sedang selama 2 menit, 1 bagian lagi masukkan lalu kocok dengan mixer 2 menit, 1 bagian masuk, kocok dengan mixer 2 menit) terakhir aduk dengan mixer kecepatan tinggi sekitar 2 menit. Setelah itu masukkan susu cair aduk dengan mixer kecepatan rendah sebentar saja (beberapa detik saja). Kemudian masukkan campuran minyak dan mayones, aduk dengan teknik aduk balik, lalu masukkan campuran margarine secara bertahap bisa mengunakan aduk balik, tapi kalo aku, untuk mencampur margarine ini pakai mixer yang udah mulai aus, yang rotasi/mutarnya lambat dan nga lama mengaduknya (cukup hitungan detik agar adonan tidak bantat). Setelah itu masukkan dalam loyang dan panggang hingga matang.

Teksturnya lembut.., tu lihat gambarnya ;)
*Jika takut margarine sukar tercampur ada tipsnya:
Sisakan campuran tepung yang telah diayak sekitar 30 gr untuk diselang selingi dengan campuran margarine, maksudnya masukkan 1/3 campuran margarin, aduk, lalu masukkan 1/3 campuran terigu, aduk, begitu seterusnya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...