Tuesday 12 February 2013

Tiramisu cake

Masih mengunakan chiffon cake sebagai base cake, sekarang aku membuat tiramisu cake request seseorang. Resep Coffee chiffon cake nya aku mengunakan resep wendy lagi. Untuk filling aku mengunakan vla tiramisu sedangkan butter creamnya aku pakai cream cheese butter cream. Nah, berikut resepnya:


Coffee chiffon cake:
Meringue
(If you can’t bake 2 pans at once, separate this part into 2)
6 egg whites (from Grade A eggs weighing 65gm shells on)
100gm sugar
½ tsp cream of tartar (aku : mengunakan perasan air lemon 1 sdm sebagai pengganti cream of tar tar)

Coffee layer
3 egg yolks (aku: 6 butir)
50gm sugar (aku: 120 gr)
30gm vegetable oil (aku: 80 gr)
60gm cake flour (aku: 150 gr terigu protein sedang)
30ml hot water (aku: 80 ml)
2 tsp instant coffee (Nescafe Classic) (aku: 4 sendok teh)

Chocolate layer
3 egg yolks
50gm sugar
30gm vegetable oil
45gm all purpose flour
15gm cocoa powder
30ml water
1/2 tsp vanilla extract

Cara membuat:
1. Prepare 2 8-inch pans (aku mengunakan dua loyang diameter 28 cm dengan tinggi 4 cm), line the base with baking paper. Preheat oven at 150(fan)/170C.
2. Prepare coffee layer mixture. Melt coffee granules in hot water. Let it cool down and combine with the rest of the ingredients until smooth. Set aside and do the meringue.
3. Prepare the chocolate layer mixture. Mix cocoa powder with very hot water. Let it cool down and combine with the rest of the ingredients until smooth. Set aside and do the meringue.
4. Weigh egg whites and record the weight. (keep in mind weight of egg whites + sugar)
5. Beat egg whites until frothy, add in cream of tartar and beat until soft peaks. Gradually put in sugar and beat until stiff (hooked peak).
6. Remove half the meringue (be accurate by weighing) and fold into the coffee mixture.
7. Fold the balance of meringue into the chocolate mixture.
8. Pour both batter into prepared pans and bake for 30 mins.
9. Remove from oven and place on rack. After a short while, gently release the sides and let cake cool down totally in pan.

Tiramisu Vla Krim (sumber: sajian sedap) :
250 ml susu cair (aku:  500 ml)
20 gram gula pasir (aku:  40 gr)
50 gram keju cheddar parut (aku:  100 gr)
20 gram tepung maizena dan 2 sendok makan air, dilarutkan untuk pengental (aku:  40 gr dan 4 sdm air)
50 gram whipcream bubuk (aku:  200 gr)
100 ml air es (aku:  400 ml)
1 sendok teh cokelat bubuk untuk taburan (aku:  2 sdt)

4 tetes esen tiramisu

Cara membuat:
Kocok krim bubuk, esen tiramisu, dan air es sampai mengembang. Dinginkan dalam lemari es.
Rebus susu cair dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk rata. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup-letup. Matikan api. 
Tuang sedikit-sedikit ke kocokan krim sambil dikocok perlahan. Vla siap digunakan

Tiramisu cream cheese butter cream :
Bahan:
200 gr hollman softcream
200 ml dairy whipcream
100 ml susu cari fullcream
180 gr keju cheddar, parut.
400 gr blue band margarine
30 ml susu kental manis putih
2 sachet capucino bubuk (ayak dan buang yang kasarnya)
1 sdm nescafe classic

Cara:
Masak dengan api kecil keju, whipcream, susu cair, capucino bubuk, dan nescafe clasic hingga keju larut, matikan api, dinginkan. Setelah dingin mixer dengan kecepatan tinggi selama 5 menit. Lalu masukkan softcream, margarine, dan susu kental manis. Mixer hingga creamy. Cream siap digunakan.

Penyelesaian:
Ambil sebauh cake, semprotkan bagian atas cake (sejajar pinggiran cake) dengan butter cream yang telah dimasukkan ke plstik segitiga. Kemudian tuang vla dibagian tenggahnya lalu ratakan. Tutup lagi dengan cake dan olesi seluruh permukaan cake dengan butter cream. Masukkan ke kulkas 10 menit, kemudian tutup dan rapikan lagi dengan butter cream. Lalu dekor sesukanya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...