Wednesday 5 February 2014

Yogurt custard tart/pie




Terinspirasi dari blueberry cheese tartnya mbak hesti yang sungguh mengiurkan, maka jadilah aku gunakan wakktu dini hari di saat mata nga mau diajak tidur karena dedeknya Hanif yang dalam perut gerak-gerak trus. Udah miring kiri kanan tetap nga bias tidur, akhirnya aku putuskan bangkit dari tempat tidur dan langsung siapkan bahan. Karena cream cheese nga ada maka bahan yang ada diberdayakan semampunya, dan alhamdullah hasilnya tetap enak.


Membuatnyapun ternyaata nga sesulit yang ku pikirkan, yang makan waktu mungkin pada saat mencetak kulit pienya. Untuk selainya sepertinya memang lebih klop pakai selai blueberry tapi karena nga ada maka aku pakainya selai kacang dan strawberry, hasilnya tetap enak juga. Satu lagi hasil eksperimen yang mengecewakan memberi energy meski malamnya kurang tidur, hehehe.

Oke, oke bagi yang berminat, yuk dieksekusi resep berikut:


Bahan Kulit Pie
300 gr terigu protein rendah
1 butir telur
170 gr margarin
50 gr gula halus
½ sdt garam
1/3 sdt vanilla bubuk
Panggang di suhu 170*C selama 20-30 menit

Isian yogurt custard:
200 gr yogurt
50 gr keju, parut kasar
40 gr tepung custard
50 gr susu kental manis
2 sdm susu bubuk
1 sdm maizena
1 kuning telur
1 butir telur
1 sdm gula pasir
1 sdm kulit jeruk lemon yang diparut

Selai strowberi
Selai kacang
Sedikit pewarna biru

Cara membuat kulit pie:
Campur terigu, gula halus, dan vanili, lalu masukkan margarin, campur rata dengan batang mixer hingga berbentuk butiran. Kocok lepas telur dan garam masukkan dalam adonan tepung, aduk rata. Tutup panci yang berisi adonan dengan plastic wrap, lalu simpan di kulkas sembari kita membuat isiannya. Setelah adonan isian selesai diproses, kelualrkan adonan kulit pie dari kulkas lalu cetak pada cetakan pie, dan bakar dalam oven dengan temperature 160*C selama 30 menit.

Cara membuat isiannya:
Blender semua bahan kecuali telur hingga keju larut. Kocok lepas telur lalu campur rata ke adonan yang telah diblender, sisihkan adonan. Setelah adonan kulit matang, masukkan selai strowberry dan selai kacang ke dalam kulit pie. Kemudian tuang isian yogurt custard hingga mencapai batas teratas permukaan kulit pie. Untuk mempercantik ambil 1 sdm adonan yogurt custard beri pewarna sesuai keinginan, kemudian toreh hingga berbentuk seperti gambar diatas, langkahnya bisa lihat di sini. Setelah selesai di beri hiasan, oven dengan temperature 150*C selama 15-20 menit.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...