Sunday 8 February 2015

Black and White Chocolate Cake

Base cake untuk cake ini masih mengunakan teknik hongkong cake dan memberikan hasil yang sempurna baik dari rasa, kelembutan dan tekstur. Sebelumnya aku bereksperimen mengunakan teknik sponge cake dengan komposisi bahan yang sama persis (termasuk juga penggantian baking powder dengan baking soda) dengan resep cake ini, hanya saja hasilnya tidak segendut cake dengan teknik hongkong cake ini. Sepertinya pengocokan putih telur yang terpisah dengan kuning adalah kuncinya, seperti halnya chiffon cake yang mampu menghasilkan cake dengan ukuran yang bervolume jika dibandingkan dengan tipe sponge cake.



Untuk resep ini aku juga mengganti pengunaan baking powder dengan baking soda, ini sebenarnya insidensial karena belum sempat beli baking powder double acting (BPDA) dan yang ada hanya baking soda. Kebetulan juga pada resep ada kandungan yang bersifat asam (coklat bubuk), maka hitungan kira-kiranya ½ sendok teh BPDA disubtitusi dengan 1/3 sendok teh baking soda.


Untuk temperature juga, aku modifikasi, biasanya mengunakan temperature 180*C, sedangkan untuk kondisi ini aku coba mengunakan suhu 165*C, alasannya aku menambahkan 1/5 bagian lagi komposisi bahan dan juga mencegah reaksi baking soda dengan asam yang menghasilkan gas karbondioksida yang berlebihan. Pengalamanku saat membuat muffin mengunakan temperature tinggi hasilnya muffinnya meluap mirip lumpur Lapindo.

Oke, berikut resepnya dan selamat mencoba....


Base cake coklat

Bahan:

85 gr terigu protein sedang
40 gr coklat bubuk
1/3  sdt baking soda

6 kuning telur
50 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis
1 sdm mayones

6 putih telur
70 gr gula pasir
0.5 sdt emulsifier (bagi dua bagian, sebagian untuk kocokan kuning telur dan sebagian untuk kocokan putih telur)
¼ sdt garam

100 ml minyak goreng

Cara membuat:

Olesi dua buah Loyang bulat diameter 18x3 cm dengan margarin dan alasi kertas roti. Panaskan oven pada suhu 165*C. Ayak bahan kering, sisihkan. Campur minyak goreng, susu kental manis dan mayones, sisihkan. Mixer kuning telur, 50 gr gula, dan setengah bagian emulsifier hingga kental berjejak dan putih mengembang, sisihkan. Kocok putih telur, emulsifier, hingga sedikit berbusa, masukkan 70 gr gula secara bertahan dan mixer hingga soft peak. Masukkan adonan kuning telur secara bertahap ke adonan putih telur, mixer dengan speed rendah.


Kemudian masukkan campuran terigu dalam 3 tahap, mixer dengan speed rendah, lalu masukkan campuran minyak goreng, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam Loyang dan panggang selama 20 menit api bawah, dan sekitar 3 menit dengan api atas. Setelah keluar dari oven segara balik ke serbet, dan keluarkan dari Loyang. Biarkan dingin. Setelah dingin, olesi dengan whipcream, lalu tindih dengan cake kedua. Lalu olesi lagi dengan whipcream hingga seluruh permukaannya tertutup rata lalu hias dan beri taburan coklat bubuk. Simpan di kulkas semalaman agar set, karena whipcream mudah meleleh jika terkena suhu ruang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...