Thursday, 12 February 2015

Simple matcha green tea cake

Uji coba resep kali ini pingin mengaplikasikan resep base cake black and white cake ke tipe bahan lain, selain coklat. Karena stok matcha green tea di kulkas masih banyak, jadilah ia sebagai sasaran eksperimenku.

Seperti biasa kalo tekad udah bulat maka segala upaya akan dikerahkan, nah karena telur ayam negeri nga ada, maka tanpa banyak mikir, telur ayam kampong ukuran mini terpaksa harus dieksekusi. Karena mini, maka jumlahnya aku tambah jadi tujuh butir. Dan juga, karena hasil kocokan telur dan gulanya tidak terlalu bervolume dan adonannya begitu kental karena telur ayam kampung memiliki kandungan kuning telur yang banyak dibanding telur ayam negeri, maka dengan kenyakinan tinggi aku menambah jumlah baking soda dengan pertimbangan agar hasil cake lebih bervolume.




Benar saja, cake yang dipanggang di oven lebih bervolume meskipun adonan dasarnya hanya setinggi 1 cm, sejauh ini aku puas, tapi yang mengejutkan setelah cake dipotong cake terlihat agak menghitam dan nga perlu heran lagi ini ulah siapa, ya ini karena jumlah baking soda yang berlebih, sehinnga menghasil cake yang menghitam.


Jadi bagi yang berminat mencoba, saranku, tetap gunakan baking soda sebanyak 1/3 sdt atau tetap gunakan ½ sdt baking soda, tetapi tambahkan bahan lain yang bersifat asam, misalnya cuka sekitar 1 sdt, dan sebaiknya gunakan api kecil (160*C).




Matcha green tea cake

Bahan:

85 gr terigu protein sedang
10 gr matcha green tea
30 gr susu bubuk
½   sdt Baking soda (sebaiknya 1/3 sdt saja)

6 kuning telur (aku mengunakan 7 kuning telur ayam kampong)
50 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis
1 sdm mayones

6 putih telur (aku mengunakan 7 putih telur ayam kampong)
70 gr gula pasir
0.5 sdt emulsifier (bagi dua bagian, sebagian untuk kocokan kuning telur dan sebagian untuk kocokan putih telur)
¼ sdt garam

100 ml minyak goreng

Cara membuat:

Olesi dua buah Loyang bulat diameter 18x3 cm dengan margarin dan alasi kertas roti. Panaskan oven pada suhu 160*C. Ayak bahan kering, sisihkan. Campur minyak goreng, susu kental manis dan mayones, sisihkan. Mixer kuning telur, 50 gr gula, dan setengah bagian emulsifier hingga kental berjejak dan putih mengembang, sisihkan. Kocok putih telur, emulsifier, hingga sedikit berbusa, masukkan 70 gr gula secara bertahan dan mixer hingga soft peak. Masukkan adonan kuning telur secara bertahap ke adonan putih telur, mixer dengan speed rendah.


Kemudian masukkan campuran terigu dalam 3 tahap, mixer dengan speed rendah, lalu masukkan campuran minyak goreng, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam Loyang dan panggang selama 20 menit api bawah, dan sekitar 3 menit dengan api atas. Setelah keluar dari oven segara balik ke serbet, dan keluarkan dari Loyang. Biarkan dingin. Setelah dingin, olesi dengan whip cream, lalu tindih dengan cake kedua. Lalu olesi lagi dengan whipcream hingga seluruh permukaannya tertutup rata lalu hias dan beri taburan coklat bubuk. Simpan di kulkas semalaman agar set, karena whipcream mudah meleleh jika terkena suhu ruang.

1 comment:

Dewi Sulistiana said...

Pasti lezat banget nih, besok pengen nyobain dah. Sarapannya untuk pagi besok Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Mafia Telur Enak Spesial untuk temen-temen. Makasih untuk adminnya :) sukses terus website nya mbak.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...