Tuesday 21 January 2014

Sus lembut dengan isian ice cream

Sebelumnya aku udah pernah bikin sus dengan resep yang sama. Hasil kulit sus dengan mengunakan resep ini garing saat panas tapi lembut setelah dingin. Resepnya aku nemu di sini. Aku cukup puas dengan hasilnya karena belum pernah gagal  dari pertama kali bikin.



Oh iya, berdasarkan pengalamanku salah satu trik agar kulit sus mengembang baik adalah suhu pada saat memanggang. Gunakan api bawah pada temperature tinggi di awal pemanggangan, sekitar 210*C kemudian setelah terlihat kulit sus mengembang (sekitar 15 menit atau tergantung ukuran sus yang dibuat), lalu gunakan api atas saja dengan suhu tinggi 210 *C agar bagian atasnya merekah (sekitar 5 menit), Untuk mematangkannya gunakan api bawah dengan temperature sekitar 180*C. Namun suhu yang ku sebut ini berdasarkan karakter ovenku. Tiap oven biasanya punya karakter beda-beda.





Bahan:
70 gr terigu protein rendah
60 gr margarin
120 ml air
½ sdt gula
½ sdt garam
2 btr telur, berat rata 60 gr dgn cangkangnya, kocok lepas

Cara membuat:
Masak margarin, gula, garam, dan air hingga mendidih, matikan api lalu masukkan seluruh terigu dan aduk rata hingga kalis. Biarkan dingin. Hidupkan oven dengan temperature 210*C. Kocok dengan mixer kecepatan sedang adonan terigu dan telur. Masukkan dalam plastik segitiga, lalu sepmrotkan ke Loyang yang telah dialasi kertas roti. Lalu isi sesuali selera  aku mengunakan es krim vanilla dan stroberi untuk isiannya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...