Wednesday 22 January 2014

Kukis spekuk, gandum, dan gula aren



Pingin bikin kukis untuk Hanif, karena dia suka sekali dengan biscuit good time (baru sekali dikasih sodara dan Hanif suka). Sejak saat itu aku nga pernah kasih Hanif biscuit tersebut, karena aku lebih merasa tenang jika segala yang Hanif makanan sebisanya bikinan rumah. Banyak jenis kukis yang bisa dibuat dirumah dengan melakukan sedikit modifikasi sehingga ada nilai gizi yang terkandung di dalamnya seperti kukis cornflakes ini juga bisa dimodofikasi. 

Untuk membuat kukis yang sukses tipsnya bisa lihat di sini dan sekali lagi ku katakan kalo membuat kukis itu nga sulit kok hanya butuh sedikit trik aja. 




Kebetulan kemarin aku lihat ada kreker gandum yang nganggur karena Hanif nga doyan, maka jadilah aku cari resep kukis yang bergizi dan nga menggunakan gula sederhana (glukosa) dengan alasan aku ingin membiasakan Hanif nga ketagiahan makanan manis dari gula sederhana.
Akhirnya setelah menimbang sana sini resep yang aku gunakan adalah resepnya viani cookies.

Ternyata Hanif suka sekali, tapi aku tetap membatasi Hanif memakannya, eh Hanif malah nangis, terpaksa toples yang berisi kukis ini ku simpan dan kalo mau kasi ke Hanif musti ditaruh ke mangkuk sebanyak 3 potong aja. Bagaimanapun gula aren tetap juga gula dan nga baik juga jika anak seumuran Hanif tidak terkontrol memakan kukis itu. bisa-bisa selera makan Hanif akan hilang. Oke, bagi yang berminat silahkan coba.


Bahan:
125 gr mentega, yang nga asin
75 gr gula halus, aku : nga pakai
100 gr gula palem, aku : 180 gr gula aren, parut dengan parutan keju
1 butir telur yang besar
150 gr tepung terigu
25 gr susu bubuk
0.5 sdt garam
1 sdt bumbu spekuk
1 sdm wijen hitam
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda, aku: nga pakai
250 gr coklat chips mini, aku: 150 gr kreker gandum, rancurkan dengan diremas-remas

Cara membuat:
Kocok mentega dan gula aren, garam dengan mikser sampai lembut dan gula larut. Masukkan telur ke dalam adonan , kocok lagi sampai mentega mengembang. Tambahkan terigu, susu bubuk, baking powder sambil di ayak. Kemudian masukkan kreker gandum dan wijen, aduk rata. Bentuk adonan cookies dengan sendok, taruh di atas loyang yang telah di alasi dengan kertas roti. Oven 15-20 menit  pada suhu 170*C

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...