Sunday 27 April 2014

Japanese Chocolate cheese cake lembut dan lumer



Japanese cheese cake memang sangat berbeda dengan American cheese cake misalnya blueberry cheese. Menurutku American cheese cake lebih cocok disebut cream cheese pie karena memang cara perbuatannya lebih dekat dengan cara membuat pie dari pada cake. Sedangkan Japanesecheese cake memang terkategori cake kerena teknik pengolahannya seperti membuat cake pada umumnya hanya saja menggunakan cream cheese yang lebih banyak dibanding tipe cake lainnya.

Namun untuk resep Japanese yang aku buat ini aku tidak menggunakan cream cheese tapi keju cheddar yang diblender halus bersama susu cair. Hasilnya enak baget, lembut dan enak dimakan saat dingin. Ketika baru pertama keluar dari oven teksturnya agak lunak dan basah, diamkan sekitar 4 jam di kulkas agar set. Saat dimulut cake ini lumer dan serasa makan es cream karena begitu ringan mirip kapas. Jika anda tidak terlalu menyukai cake yang terlalu lembab bisa menambahkan komposisi terigu atau merujuk ke resep yang ada di dapur mbak ita atau ke chen chen's.


Oh iya, jika diamati betul gambarnya terlihat ada butiran keju, ini karena masih ada keju yang belum larut saat aku memblendernya, jadi sebaiknya saat memblender keju dan susu cair lakukan dalam beberapa tahap agar seluruh keju larut dengan baik. Untuk Loyang teknik au bain marie aku tidak menggunakan Loyang bongkar pasang.

Ku rasa memang lebih praktis tidak mengunakan Loyang bongkar pasang karena harus mengunakan alumunium foil untuk mencegah air tidak merembes saat menggunakan metode au bain marie (steamed baked) ini. Aku meggunakan Loyang bulat tanpa sambungan. Trik mengeluarkan cake dari oven agar nga hancur adalah dengan mendinginkannya dulu di kulkas hingga set. Setelah padat baru dipindahkan ke piring saji.

Ok, bagi yang berminat silahkan. Resep asli silahkan kunjungi phong hong bakes, resep berikut adalah resep yang telah aku modifikasi.


Bahan:

6 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
50 gr butter
230 gr keju cheddar, parut halus
140 ml susu cair full cream
140 gr gula pasir
30 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
2 sdm coklat bubuk
2.5 sdm air panas
1 sdm jeruk nipis

Cara membuat:

Panaskan oven dengan suhu 180*C masukkan Loyang ukuran 30x30x3 cm lalu isi air hingga ½ nya. Blender keju (yang telah diparut) dalam 3 tahap bersama susu cair hingga seluruh keju larut. Ayak terigu dan tepung maizena. Olesi dasar Loyang bulat diameter 24 cm dengan tinggi 6 cm, lalu beri kertas roti lalu olesi lagi dengan margarin. Masak dengan cara ditim keju yang telah diblender bersama butter, lalu masukkan terigu, matikan api setelah hangat masukkan telur yang telah dikocok lepas secara bertahap agar tidak bergumpal.

Kocok putih telur, gula dan air jeruk nipis hingga soft peak. Masukkan secara bertahap kocokan putih telur ke adonan kuning telur dengan teknik aduk balik. Setelah itu bagi dua adonan, setengahnya campur dengan coklat bubuk yang telah dilarutkan dengan air hangat (Agar larutan coklat mudah tercampur ambil 2 sdm adonan telur lalu aduk dengan larutan coklat, setelah tercampur rata aru dimasukkan kembali ke adonan telur). Tuang bergantian sebanyak 100 ml adonan putih dan coklat tepat ditengah Loyang untuk menghasilkan corak zebra seperti pada gambar, lakukan hingga seluruh adonan habis. Panggang selama 15 menit dengan suhu 180*C lalu turunkan suhu ke 150-160*C lalu panggang selama 1 jam.

Tips:
15 menit pertama gunakan temperature 180*C, setelah 15 menit jangan lupa turunkan temperature ke 160*C agar permukaan cake tidak pecah karena suhu tinggi menyebabkan permukaan cake rekah. Setelah matang matikan oven dan biarkan dulu cake di dalam oven hingga suhu oven turun tujuannya agar cake tidak amblas drastis karena perbedaan suhu yang signifikan ketika langsung keluar dari oven. Jika Loyang tinggi tidak ada, bisa menambah tinggi Loyang dengan memberi kertas roti di sekeliling dinding Loyang setidaknya setinggi 6 cm dari dasar Loyang.

2 comments:

Unknown said...

salam kenal Bunda, kalau mau bikin tanpa cream cheese, cream cheese nya bisa diganti coklat bubuk?
bahan apa aja yg musti disubsitusi?
makasiih

journal ibu hanif said...

Hai mba.. kalo saya cream cheesenya diganti dengan keju chedaar dan susu cair, mba..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...