Wednesday, 30 April 2014

Mengenal pound cake



Mau tau cake apa yang enak, tapi simple resepnya dan praktis dan mudah membuatnya, bahkan alhamdulillah aku belum pernah gagal membuatnya, cake apa itu?. Yap, betul, Pound cake!. Mari kita membahas sedikit tentang pound cake ini.

Pound cake, berdasarkan teknik pengolahanya, merupakan creaming method cake seperti halnya butter cake, artinya untuk memasukkan udara ke adonan dilakukan dengan cara pengocokan lemak (mentega atau margarin). Mengapa disebut pound cake, karena semua bahan utama (tepung, gula, lemak, dan telur) yang digunakan seberat 1 pound atau sekitar setengah kilo. Mungkin dulunya pound cake ini disajikan untuk keluarga besar.

Seiring waktu pound cake ini tidak lagi menggunakan takaran satu pound. Bisa jadi karena satu keluarga sudah banyak yang membentuk keluarga berencana alias KB (dua anak cukup) jadi nga mungkin musti mengunakan takaran satu pound hehe2x, ntar siapa yang makan cake sebanyak itu. Oleh sebab itu meski beratnya tidak lagi 1 pound tapi cake dengan rasio tepung, gula, lemak, dan telur seberat 1:1:1:1 tetap disebut pound cake.

Mungkin ada yang binggung seperti aku apa perbedaan antara pound cake dan butter cake, ternyata berbeda dalam hal tekstur, butter cake lebih ringan dan kaya rasa sedangkan poung cake lebih terasa padat. Ini karena pada butter cake kandungan terigunya sudah dikurangi sehingga teksturnya lebih lembut dan ringan. Seperti juga butter cake, Pound cake saat ini juga sering divariasikan dengan buah segar, buah kering, vanilla, olahan susu (sour cream, yogurt, cream cheese atau butter milk), lemon, vanilla, atau rempah. 

http://2.bp.blogspot.com/-E1aD4z1tL4w/UKz-3e4czaI/AAAAAAAAArw/tIk3DQoONKM/s1600/IMG_2555.JPG 

Tipe pound cake yang telah dimodifikasi misalnya cake pisang cupcake seperti pada gambar ini. Dari komposisinya bahan-bahan yang digunakan rata-rata seberat 200 gr meski menggunakan pisang tapi penggunaan telur dikurangi sehingga bahan yang mengandung air (telur dan pisang) juga mendekati 200 gr. Dengan membagi fungsi bahan berdasarkan perannya misal terigu dan telur sebagai tekstur, lemak dan gula sebagai pemberi kelambaban, maka kita bisa sedikit mengutak atik resep pound cake ini sesuai selera dan ukuran yang kita mau.

Bicara soal lemak pada pound cake, ternyata lemak dari pound cake tidak hanya berasal dari butter atau margarin tapi bisa juga mengunakan minyak, misalnya minyak goreng, minyak canola, minyak biji bunga matahari, atau minyak lain yang disuka. Untuk bahan yang mengunakan minyak teknik pengolahannya tidak mengunakan creaming method tetapi sponge cake method, dimana gelembung gas yang dimasukkan ke adonan berasal dari telur dan gula yang dikocok sampai mengembang dan kaku. 

Tipe cake seperi itu disebut oil pound cake dengan teknik pengolahan sponge method. Bolu pandan/sponge cakepandan dan green tea cake dengan tekstur lembut dan nga terlalu padat (mungkin karena mangunakan minyak) ini, setellah aku prhatikan dengan seksama komposisi bahannya, ternyata juga merupakan tipe oil pound cake kerena seluruh bahannya juga mengunakan takaran rata-rata 200 gr.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...