Wednesday 23 April 2014

Chocolate Mud cake lembut dan legit



Mud cake yang satu ini patut dicoba, rasanya lembut, pulen dan lebih empuk. Untuk tekstur berbeda dengan resep mud cake cupcake sebelumnya yang telah aku buat (soal rasa juga nga kalah enak dan legit). Dengan teknik pengolahan yang berbeda, meski komposisi bahan nga jauh beda dihasilkan tekstur mud cake yang berbeda juga. 

Untuk resep mud cake (empuk tapi tetap legit)  kali ini aku melakukan teknik pengocokan telur dan gula hingga kental dan mengembang. Oleh sebab itu dihasilkan tekstur yang lebih berpori dan ringan. Sedangkan untuk resep mud cake terdahulu telurnya hanya dikocok lepas saja.



Komposisi bahan juga aku modifikasi, Alhamdulillah hasilnya sesuai harapan. Aku menggunakan buttermilk bikinan sendiri (susu cair ditambah perasan jeruk nipis lalu didiamkan sekiar 10 menit) dan juga menambahkan mayones sehingga tekstur cakenya lebih pulen, lembut, tapi tetap bervolume dan nga padat. Bagi anda yang menyukai tekstur cake yang ringan dan lebih legit silahkan merujuk resep mud cake ini.

Jika anda lebih menyukai tekstur mud cake yang padat dan tidak terlalu nyoklat silahkan lihat resep mud cake cupcake yang sebelumnya telah ku buat. Buatku yang lebih menyukai cake ringan dan lembut, resep ini ternyata punya tempat tersendiri untuk ku sebut sebagai resep favoritku meski resep mud cake sebelumnya juga enak.


Resep asli aku lihat di youseefood, kerena resep aslinya mengunakan alcohol dan aku nga mengkonsumsinya, makanya aku mensubtitusinya mengunakan larutan kopi, jika suka aroma kopi yang lebih tajam bisa gunakan kopi espresso. Untuk frosting bisa disesuiakan selera masing-masing, frosting aslinya mud cake ini menggunakan ganache coklat, tapi karena cakenya udah nyoklat banget aku lebih prefer mengunakan whippcream saja sebagai variasi rasa. 

Di bawah ini adalah resep hasil modifikasiku, berminat? Silahkan dicoba, semoga sesuai selera..

Bahan:

3 butir telur
80 gr gula pasir
1/3 sdt garam
180 gr terigu protein rendah
1/3 sdt baking powder
¼ sdt baking soda
60 gr coklat
100 gr minyak goreng
50 gr butter
160 ml susu cair
10 ml air jeruk nipis
10 ml air kopi (1 saset kopi instan + 20 ml air masak hingga mendidih, ambil 10 ml)
80 gr dark chocolate
120 gr madu
1 sdt mayones
Frosting:
100 ml whippcream, kocok hingga mengembang
100 gr keju parut
Permen hiasan bentuk mutiara

Cara membuat:

Campur susu cair dan jeruk nipis, diamkan 10-15 menit. Ayak terigu, coklat, baking powder, dan baking soda. Lelehkan butter dan dark coklat, campur dengan mayones, madu, minyak goreng dan air kopi. Panaskan oven pada suhu 170*C. Kocok telur , garam, dan gula pasir hingga mengembang masukkan secara bergantian terigu dan susu cair, aduk dengan speed rendah. Terakhir masukkan campuran butter, aduk sebentar saja. Masukkan dalam cetakan cup, panggang selama 25 menit. Setelah dingin hias dengan whipcream dan keju parut

2 comments:

fermila fricio said...

mbak,kl g suka madu,bisa diskip aja.trus mayones nya brp byk?kl dskip aja ngaruh g?trims sblmnya

Yuli said...

Hai mba Fermila, salam kenal.
maaf baru sempat balas..
Bisa, saya pakai madu karna balita saya juga makan untuk mensubtitusi gula. jadi silahkan subtitusi dengan susu kental manis sebanyak 100 ml.. atau gula 80 gr..
Mayones memberikan efek lebih lembut nga pakai juga nga apa..., apakah udah pernah dicoba mba? bagaimana hasilnya?
semoga membantu mba.. salam..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...