Friday 18 April 2014

Muffin durian lembut



Saat musim durian harga durian bisa sangat murah, bahkan setipa musim durian kami bisa dapat 20 puluhan durian dari teman suami yang seorang bandar durian. Puas dimakan dengan ketan, sisa durian aku jadikan roti jala kuah durian, es pisang ijo vla durian, tempoyak udang, dan sisanya muffin durian ini.

Resep muffin durian ini nemu di web Majalah Nova. Resep aslinya menggunakan 400 gram daging buah durian, tapi karena yang ada cuma 150 gram, terpaksa resepnya sedikit dimodifikasi. Alhamdulillah muffin durian ini rasanya enak sekali, teksturnya lembut dan rasa manisnya pun pas. Jadi ini rasanya lebih mirip cupcake ketimbang muffin oleh sebab itu judulnya ku tulis muffin atau cup cake.




Untuk teknik pembuatannya aku juga memodifikasi teknik sponge cake, jadi telur dan gula dikocok hingga kental, mengembang, sedangkan butter dan margarin dilelehkan. Dengan teknik ini tekstur muffin yang dihasilkan lebih lembut. Muffin ini berongga seragam, sebagaimana halnya cake tipe sponge cake tapi lepih padat dari sponge cake karena menggunakan bahan padat yang lebih banyak (susu cair dan durian).

Jika anda lebih menyukai tekstur yang lebih padat dan cara membuat yang lebih praktis silahkan saja telurnya dikocok lepas dan gula pasirnya diblender halus, atau dilarutkan bersama susu cair. Dengan cara begini tekstur muffin yang dihasilkan tidak berongga halus dan agak padat.

Bahan:

2 butir telur
90 gr gula pasir
150 gr terigu
½ sdt bpda
¼ sdt baking soda
60 gr margarin
40 gr butter
90 ml susu cair
10 ml air jeruk nipis
150 gr daging buah durian
100 gr gula merah, potong kecil-kecil

Cara membuat:

Campur susu cair dan air jeruk nipis diamkan 10 menit. Panaskan oven pada suhu 170*C. lelehkan margarin dan butter. campur daging durian dengan susu cair, campur hingga rata. Ayak terigu, baking soda dan baking powder. Mixer telur dan gula hingga mengembang. Masukkan campuran terigu yang diselang selingi dengan campuran susu dan durian. Terakhir masukkan butter dan margarin leleh.

Masukkan adonan dalam cup muffin, beri potongan gula merah, panggang lebih kurang 25 menit, atau sesuai karakter oven masing-masing. Sebelum menit ke 25, cek bagian tengah muffin dengan tusuk gigi, jika adonan tidak lengket ke tusuk gigi berarti muffin telah matang. Jika over baking muffin akan kehilangan kelembutannya oleh sebab itu jika telah matang langsung keluarkan dari oven.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...