Monday 14 April 2014

Tiramisu Pudding Cake



Awalnya pingin bikin tiramisu cake, tapi nga sempat beli keju mascarpone dan nga punya stok cream cheese. Namun kepingin makan cake yang ada aroma tiramisunya (keju, coklat, dan kopi), akhirnya berinisiatif dan berkreasi dengan cake pudding busa. Jadilah tiramusi pudding cake yang, mmm… enak. 

Cakenya lembut, pudding busanya nga terlalu manis, klop dengan cakenya, nga bikin eneg. Pudding coklatnya, nyoklat sekali karena ada tambahan susu kental manis jadi lebih kaya rasa, yummy nyammm.., enak!. Panas-panas gini emang enak makannya yang dingin seperti tiramisu pudding cake ini.


Oh iya pada saat menuang pudding coklat aku sempat terkejut, karena pudding coklat ini tenggelam ke dasar Loyang. Sempat putus asa dan berfikir kalo kue ini nga bakal jadi dan hasilnya kalo dipotong bakal berantakan karena pudding busanya yang mengambang ke atas sedangkan pudding coklat berada di dasar Loyang. 

Menurutku fikiranku, mustiya pudding coklat yang berada di permukaan. Namun setelah Tiramisu pudding cake ini dipotong, hasilnya sangat memuaskan cake yang berada ditengah. Mungkin karena beratnya maka pudding yang masih cair ini tenggelam ke dasar Loyang. Mm.., cantik juga ternyata hasilnya. Bosn dengan cake berbutter cream, cake dengan hiasan/lapisan puding ini bisa jadi pilihan menu untuk acara besar lo, tinggal bagaimana kita mengkreasikan tatanannya. Bikinnya nga ribet, nga perlu pakai dekorasi, tapi penampilannya cukup mewah, enak pula. Yuk maree dicoba..



ADONAN CAKE


Bahan-bahan:


3 butir telur
2 kuning telur
100 gr gula
80 gr terigu sedang
20 gr maizena
¼ sdt BPDA
½ sdt vanilla bubuk
70 gr keju, parut kasar
30 gr susu cair
20 gr butter, lelehkan
50 gr minyak goreng
1 sdt susu kental manis
2 tetes esen tiramisu

Cara membuat:

Blender keju dan susu cair hingga keju larut, sisihkan. Ayak terigu, maizena, dan baking powder. Campur susu kental manis, butter leleh, dan minyak goreng. Panaskan kukusan dengan api sedang. Mixer telur, gula, garam, dan vanilla hingga kental, putih, dan mengembang. Masukkan bahan kering yang telah diayak, mixer dengan kecepatan rendah selang selingi dengan campuran susu cair hingga semua bahan tercampur  (jangan aduk terlalu lama agar adonan tidak turun).  Masukkan campuran minyak, aduk balik hingga rata. Masukkan dalam Loyang 22x22x 6 cm yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti,  kukus hingga matang kurang lebih 20 menit (tutup kukusan diberi kain serbet agar uap air tidak masuk ke kue).

ADONAN PUDDING BUSA KOPI

Bahan-bahan:

1 bungkus agar-agar
250 ml air
2 putih telur
1 butir telur
2 saset mocchachino
1 saset nescafe clasic
2 sdm gula pasir

Cara membuat:

Masak agar-agar, air, moccachino, nescafe, dan gula hingga mendidih, dinginkan. Kocok telur hingga kental dan mengembang. Tuang larutan agar-agar yang telah dingin ke kocokan telur, aduk dengan balloon whisk hingga semua agar-agar tercampur rata dengan kocokan telur.

Penyelesaian tahap pertama:

Taruh cake pada Loyang berukuran 22x22x6 cm masukkan dalam kulkas sebelum kita mulai membuat pudding busa. Setelah pudding busa jadi, keluarkan cake dari kulkas lalu tuang pudding busa ke Loyang. Masukkan kembali Loyang ke kukas setelah pudding busa tidak lagi hangat.

ADONAN PUDDING COKLAT

Bahan-bahan:

1 bungkus agar-agar
600 ml air
60 ml susu kental manis
50 gr gula pasir
10 gr coklat bubuk

Cara membuat:

Larutkan coklat bubuk dengan 50 ml air (dari 600 ml air). Kemudian masak semua bahan hingga mendidih. Biarkan dingin (terasa tidak begitu hangat).

Penyelesaian tahap kedua:

Tuang dalam Loyang yang sebelumnya ditaruh di kulkas. Biarkan kue dalam Loyang dan simpan di kulkas setidaknya selama 6 jam.

1 comment:

Unknown said...

Dear Ibu,

maaf saya mau tanya utk puding busa nya itu , apakah kocokan telor nya tidak perlu dimasak?
Kr kalau saya baca "Tuang larutan agar-agar yang telah dingin ke kocokan telur, aduk dengan balloon whisk hingga semua agar-agar tercampur rata dengan kocokan telur"

Mohon pencerahannya ya Bu, kr saya pengen banget nyoba bikin puding ini.

Terimakasih Bu

Hormat saya,
Grace

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...