Tuesday 21 October 2014

Triple Mousse cake praktis ekonomis


Menghasilkan cake yang simple dengan harga bahan terjangkau tapi terkesan mewah dan enak tentunya, merupakan suatu kebahagian tersendiri. Sedangkan berbagi ilmu tentang kesuksesan dan kegagalan yang ku alami selama bereksperimen di dunia baking adalah bentuk aktualisasi diri yang punya tempat khusus di hati (sstt, Ayah Hanif akan komplen melihat kue ka kue se.., hehe). Postingan kali ini adalah Triple mousse cake.

Base cake untuk triple mousse cake ini diadaptasi dari triple mousse cakenya megan-deliciousdishings. Cakenya lembut dan legit. Resep asli tidak menggunakan terigu, tapi aku tetap menggunakan sedikit terigu agar cake tidak terlalu lembut. Meski lama disimpan di kulkas, cake tetap lembut karena bahan utamanya butter dan coklat.

Sedangkan untuk mousse cakenya modifikasi dari resep tiramisu puding cake. Untuk mouse cake ini versi ekonomisnya karena tidak mengunakan banyak whipcream. Tertark mencoba, berikut resepnya. Happy baking All..!

Chocolate cake:

Bahan:

225 gr butter
2 sdt terigu
250 gr dark cooking chocolate
50 gr coklat bubuk
150 ml gula (dalam volume bukan berat/gram ya)
½ sdt vanilla bubuk
1 saset moccacino
6 butir telur
1 batang vanilla, ambil isinya
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:

Olesi Loyang bulat ukuran 28x28x3 cm dengan margarin dan taburi terigu hingga rata, sisihkan. Panaskan oven 160*C. Lelehkan butter, dan dark cooking chocolate, sisihkan. Ayak terigu dan coklat bubuk sisihkan. Pisahkan kuning dan putih telur. Kocok putih telur, air jeruk nipis, dan gula hingga soft peak, sisihkan. Kocok kuning telur, biji vanilla, moccacino, dan vanilla bubuk hingga sedikit mengembang, masukkan campuran terigu, mixer hingga tercampur, lalu masukkan campuran butter leleh, aduk rata. Ambil 1/3 bagian adonan putih telur, lalu masukkan ke adonan kuning telur, aduk balik dengan menggunakan balloon whisk, aduk perlahan, lakukan cara ini hingga seluruh adonan putih telur tercampur ke adonan kuning telur. Tuang adonan kej dalam Loyang dan panggang selama 20 menit atau hinnga matang. Biarkan cake dingin dalam Loyang.


Bahan Mousse coklat

Bahan:

3 telur
1 sdm gula pasir
1 saset agar-agar (7 gr)
150 ml pudding coklat bubuk
450 ml susu coklat
100 gr dark cooking chocolate
50 ml sirup vanilla
1 batang vanilla, keruk isinya
1 sdm jeruk nipis

Cara membuat:

Kocok gula, jeruk nipis, dan telur hingga mengembang. Masak agar-agar, sirup gula, susu coklat, dark cooking chocolate, biji vanilla hingga mendidih. Kocok kembali adonan telur dengan kecepatan tinggi sambil masukkan larutan agar-agar secara cepat agar larutan agar-agar tidak membeku. Segera setelah ini masukkan campuran telur dan agar-agar ke Loyang berisi cake.

Bahan pudding putih

Bahan:

200 ml susu cair
80 gr whipcream bubuk
150 ml susu cair dingin
150 gr coklat putih
20 ml sirup vanilla
5 gr agar-agar

Cara membuat:

Kocok whipcream bersama 150 ml susu cair dingin, dan sirup vanilla hingga mengembang, masukkan ke freezer. Masak 200 ml susu cair, coklat putih, dan agar-agar hingga mendidih, aduk-aduk hingga agar uap panasnya hilang dan temperaturnya turun hingga 45*C. Keluarkan whipcream dari freezer lalu secara cepat masukkan larutan agar-agar aduk rata dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan ke dalam Loyang berisi cake yang telah dialasi lapisan mousse coklat.


Perakitan:

Karena tidak punya loyang bongkar pasang, aku terpaksa menyiasatinya dengan mengunakan  loyang biasa ukuran 28x28x6 cm, yang pinggirannya diolesi minyak dan dilapisi plastik. Dengan hati-hati taruh cake didasar loyang, masukkan ke dalam kulkas, buat lapisan mousse coklat, biarkan uapnya hilang, setelah itu tuang ke loyang, setelah temperaturnya mencapai lebih kurang 40*C masukkan ke dalam kulkas, lanjut membuat lapisan puding susu. Kekluarkan cake dari kulkas dan tuang puding susu ke dalam loyang. Setelah temperaturnya turun, diamkan semalam dalam kulkas agar mousse cake padat dan tidak hencur ketika dibalik.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...