Monday, 3 November 2014

Blueberry cake hias praktis

Beberapa entri ke depan adalah parade cake hias, karena sedang senang-senangnya bereksperimen dengan tipe hongkong cake sebagai cake dasar. Kali ini aku akan memodifikasi hongkong cake ini sebagai base cake untuk cake hias dengan blueberry whipcream.

Cakenya lembut dan enak, yuk coba. Berikut resepnya:


Base cake kuning:

Bahan:

70 gr terigu protein sedang
10 gr maizena
20 gr susu bubuk full cream
½ sdt Baking powder double acting (BPDA)

5 kuning telur
40 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis
1 sdm mayones

5 putih telur
60 gr gula pasir
0.5 sdt emulsifier (bagi dua bagian, sebagian untuk kocokan kuning telur dan sebagian untuk kocokan putih telur)
¼ sdt garam

50 gr butter
50 ml minyak goreng

Cara membuat:

Olesi dua buah Loyang bulat diameter 18x3 cm dengan margarin dan alasi kertas roti. Panaskan oven pada suhu 200*C. Ayak bahan kering, sisihkan. Lelehkan butter lalu campur dengan minyak goreng, susu kental manis dan mayones, sisihkan. Mixer kuning telur, 40 gr gula, dan setengah bagian emulsifier hingga kental berjejak dan putih mengembang, sisihkan. Kocok putih telur, emulsifier, hingga sedikit berbusa, masukkan 60 gr gula secara bertahan dan mixer hingga soft peak. Masukkan adonan kuning telur secara bertahap ke adonan putih telur, mixer dengan speed rendah.


Kemudian masukkan campuran terigu dalam 3 tahap, mixer dengan speed rendah, lalu masukkan campuran butter leleh, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam Loyang dan panggang selama 15 menit api atas, dan sekitar 3 menit dengan api atas. Setelah keluar dari oven segara balik ke serbet, dan keluarkan dari Loyang. Biarkan dingin. Setelah dingin, olesi dengan whip cream, lalu tindih dengan cake kedua. Lalu olesi lagi dengan whipcream hingga seluruh permukaannya tertutup rata lalu hias dan beri taburan coklat bubuk. Simpan di kulkas semalaman agar set, karena whipcream mudah meleleh jika terkena suhu ruang.

2 comments:

Nunuk Winarsih said...

Itu Ada mayonesnya,beneran mayones yang biasa buat bikin dressing makanan?

Naila hari said...

Ia, mayones membuat tekstur cake jadi lembut. Kandungan mayones: kuning telur dan sifat asamnya bikin cake lembut karena bisa melunakkan gluten dari tepung, mbak..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...