Tuesday 2 December 2014

Cake ultah sederhana dan ekonomis

Masih semangat berkarya dengan tipe hongkong cake dan ternyata hasilnya selalu saja memuaskan. Sekarang aku mengunakan minyak goreng utuh utuk membandingkan tekstur dan rasa jika dibandingkan dengan cake dengan campuran minyak dan butter. Nah bagai mana hasilnya?. Treng teng, tetap oke. Untuk kelembutannya tidaklah berbeda dengan cake yang mengunakan campuran butter dan minyak goreng, tetapi soal rasa memang lebih enak lemaknya dari butter yang dimix dengan margarin dibandingkan dengan cake yang hanya mengunakan minyak goreng. 

Butter cream yang berwarna hijau adalah campuran shortening (mentega putih), whipcream, susu cair fullcream dan susu kental manis yang diberi perisa melon. Perisa melon ini aku beri beberapa hari yang lalu. Niatnya, esen lemon ini memang untuk perisa cake, pudding, atau minuman. Berhubung karena aku selalu penasaran dengan cake, maka perisa ini perdana diaplikasikan sebagai perisa untuk butter cream ekonomis. Untuk resep butter cream ekonomisnya nanti menyusul ya..


Coklat Melon Cake

Base cake coklat

Bahan:
70 gr terigu protein sedang
30 gr coklat bubuk hitam
½ sdt Baking powder double acting (BPDA)

5 kuning telur
40 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis
1 sdm mayones

5 putih telur
60 gr gula pasir
0.5 sdt emulsifier (bagi dua bagian, sebagian untuk kocokan kuning telur dan sebagian untuk kocokan putih telur)
¼ sdt garam

100 ml minyak goreng


Saya mohon maaf bagi pembaca sebelumnya karena paragraf dibawah ini tadinya belum  mengalami proses editing. 

Cara membuat:

Olesi dua buah Loyang bulat diameter 18x3 cm dengan margarin dan alasi kertas roti. Panaskan oven pada suhu 200*C. Ayak bahan kering, sisihkan. Campur dengan minyak goreng, susu kental manis dan mayones, sisihkan. Mixer kuning telur, 40 gr gula, dan setengah bagian emulsifier hingga kental berjejak dan putih mengembang, sisihkan. Kocok putih telur, setengah bagian lagi emulsifier, hingga sedikit berbusa, masukkan 60 gr gula secara bertahan dan mixer hingga soft peak. Masukkan adonan kuning telur secara bertahap ke adonan putih telur, mixer dengan speed rendah.


Kemudian masukkan campuran terigu dalam 3 tahap, mixer dengan speed rendah, lalu masukkan campuran butter leleh, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam Loyang dan panggang selama 15 menit api atas, dan sekitar 3 menit dengan api atas. Setelah keluar dari oven segara balik ke serbet, dan keluarkan dari Loyang. Biarkan dingin. Setelah dingin, olesi dengan whip cream, lalu tindih dengan cake kedua. Lalu olesi lagi dengan whipcream hingga seluruh permukaannya tertutup rata lalu hias dan beri taburan coklat bubuk. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...