Wednesday 14 November 2012

Triple Chocolate Mousse Cake


Kali ini aku pingin berimprovisasi dengan triple chocolate mousse cake. Untuk base cakenya aku pakai resep brownies yang aku lihat di sini yang sudah aku modifikasi seperti berikut:

Bahan A:
- 110 gr margarine
- 190 gr coklat blok
- 40 gr coklat bubuk
-aku : 2 sdm mayones
Bahan B :
- 3 butir telur
- 170 gr gula pasir
Bahan C :
- 100 gr terigu
- 20 gr susu bubuk
- 2/3 sdt baking powder
Bahan D :
- Beri taburan keju,gula halus,coklat serut atau kenari. (aku nga pakai)

Cara Membuat :
1. Campurkan semua bahan A jadi 1. Lalu tim hingga leleh. Sisihkan.
2. Kocok semua bahan B menggunakan mixer, hingga putih mengental dengan kecepatan max.
3. Kurangi kecepatan ke no.1 , lalu masukkan bahan C sedikit- sedikit sambil terus dikocok.
4. Masukkan pula bahan D dan A , kocok sebentar. Matikan. Angkat.
5. Aduk rata adonan dengan menggunakan bantuan spatula.
6. Lalu tuang adonan ke dalam loyang kotak ukuran 30 x 12 x 4 cm (aku mengunakan loyang 28x28x3 cm ) yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarine
7. Panaskan Oven pada suhu 190o api atas bawah selama +/- 10 menit.
8. Masukkan adonan ke dalam oven.Pindahkkan ke api bawah panggang selama +/- 25 menit, lalu lanjutkan dengan api atas bawah selama +/- 10 menit hingga kecoklatan

 Untuk resep moussenya aku lihat di blognya mbak ricke
Dark Chocolate Mousse
Bahan:
110 gram susu cair (ditimbang)
5 gram gelatin bubuk (aku : 2 sdm)
2 sdm air
175 gram dark chocolate, cincang (aku : 250 gr)
300 gram non dairy whip cream dingin (jika dari whip cream bubuk bisa dibuat dari 100 gram whip cream bubuk + 200 ml air es) (aku : 150 gr whip cream bubuk + 200 ml susu cair dingin + 100 ml air es)
aku : 90 gr keju chedhar di blender dengan 100 ml susu cair, hingga keju larut

White Chocolate Mousse
Bahan:
110 gram susu cair (ditimbang)
5 gram gelatin bubuk (aku : 2 sdm)
2 sdm air
175 gram white chocolate, cincang (aku : 250 gr)
300 gram non dairy whip cream dingin (jika dari whip cream bubuk bisa dibuat dari 100 gram whip cream bubuk + 200 ml air es) (aku : 150 gr whip cream bubuk + 200 ml susu cair dingin + 100 ml air es)
aku : 90 gr keju chedhar di blender dengan 100 ml susu cair, hingga keju larut

Cara membuat:
Dark chocolate mousse:
Larutkan gelatin dengan 2 sdm air, aduk rata. Diamkan. Gelatin akan menyerap air dan membentuk gel. Sisihkan.
Kocok whip cream hingga setengah kaku (soft peak).
Panaskan susu cair dengan api kecil bersama larutan susu dan keju, cukup sampai terlihat bagian pinggirnya mulai mendidih. Matikan api. Masukkan gelatin. Aduk rata dengan hand whisk sampai gelatin benar-benar larut.
Taruh dark chocolate cincang dalam wadah agak besar. Tuangi susu panas. Diamkan hingga coklat terlihat meleleh. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan. Jaga tetap hangat kuku.
Campurkan bertahap ke dalam campuran coklat. Aduk rata.

Pelajaran berharga lagi nih: saat mencampurkan campuran coklat ke whip cream yang telah dikocok cukup dengan speed rendah dan hanya sampai tercampur rata saja, jangan mengunakan speed tinggi dan mengaduk terlalu lama karna akan menyebabkan gelembung udara yang terperangkap di whip cream akan pecah.

Ini pengalamanku tadi saat mencampurkan campuran white chocolate ke whip cream, “entah kenapa terfikir olehku jika speed mixer dinaikkan maka volume adonan ini akan bertambah” alih-alih volume adonan meningkat, yang ada malah tambah turun alias gelembung udara yang terperangkap di whip cream yang telah dikocok jadi pecah.

Untuk melapisi white chocolate mousse di atas lapisan dark chocolate mousse, pastikan jika lapisan dark chocolate mousse telah benar-benar mengeras agar white chocolate mousse tidak menembus lapisan dark chocolate mousse, yang malah akan menghasilkan marble chocolate mousse cake (inilah yang aku alami, hikszzz).

Untuk resep lapisan oreonya aku ngarang abis:
Lapisan oreo:
Bahan:
1 ½ bungkus oreo
50 ml whip cream dairy
1 sdm susu kental manis

Caranya: blender semua bahan setelah semua tercampur rata dan oreo telah hancur tabur di atas adonan mousse yang telah dimasukan ke freezer selama 2 jam.

Nah pada tahap ini juga terjadi masalah, aku fikir campuran oreo ini bisa aku tata dengan rapi di atas lapisan white chocolate mouse ternyata nga bisa. Lain kali jika ingin mengunakan lapisan oreo sebaiknya ditaruh di bagian dasar Loyang, hingga mudah tata dengan rata dan rapi, dan untuk lapisan cakenya barulah ditaruh di atas lapisan white chocolate mouse. Kemudian, finisingnya lapisan cake ini di siram dengan Ganace milk chocolate.

Senasib dengan resep lapisan oreo, ganace ini pun aku campur dengan komposisi yang asal n ngarang abis juga (tapi almandulillah, pas untuk kekentalannya):
Ganace milk chocolate:
Bahan:
300 gr milk chocolate
1 sdm butter
150 ml whip cream dairy

Cara membuat: masak whip cream dengan api kecil hingga pinggirannya mendidih, masukkan butter, aduk hingga butter meleleh. Kemudian masukkan milk chocolate, aduk hingga coklat meleleh seluruhnya. Angkat, kemudian tuang di atas lapisan oreo. Ratakan, lalu masukkan ke dalam lemari es.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...