Tuesday 22 January 2013

Bingka Jagung lembut

Aku cari-cari resep bingka jagung kok nga ada di blognya foodie blogers indonesia ya, malah nemunya di bloger Malaisia, sama halnya dengan kue khasidah dan aluo tolo. Apakah karena kue melayu lebih populer di Malaisia ataukah karena Orang Melayu Riau melalui Pemerintah Prop. Riau tidak atau kurang mempopulerkan kue tradisional ini.

Padahal  di kalangan keluarga melayu riau kue ini merupakan kue yang wajib ada di setiap acara-acara perayaan. Mmmm, jadi khawatir suatu saat kue-kue melayu ini akan terkubur bersama si empunya resep jika tidak didokumentasikan. Juga tersebit keinginan belajar semua kue tradisional dari nenekku.


Oh iya. Ini resep bingka jagung ini:

Bahan:
6 butir telur
300 gr gula
250 gr terigu
1 kg jagung yang telah di parut
300 ml santan kental
50 ml juice pandan pati pekatnya
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam

Cara membuat :

Campur jagung dan terigu dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Lalu tambahkan santan dan air pandan.dimangkuk lain, aduk telur bersama gula dan garam hingga gula larut dengan mengunakan whisk.  Kemudian campurkan adonan telur ke adonan terigu. kemudian panggang dalam oven dengan api sedang.


2 comments:

Oci YM said...

Wah, enaaaaaak inih, coba buat juga ah...

Saya juga suka coba-coba resep Mbak, tapi resep dan hasil masakan di blog Mbak ini luar biasa, udah jago ini ^_^

journal ibu hanif said...

Ayo dicoba..., baru belajar Mbak oci, seneng deh nemu orang Pekan yang sama-sama bloger, seneng bgt..., saya boleh ikutan KEB Mbak (masih ngarep heheh...)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...