Sunday, 21 April 2013

Roti lembut



Tertarik coba roti yang diposting di blognya mbak hesti, sepertinya lembut gitu. Karena di rumah nga ada yang begitu suka makanan manis kecuali aku dan suami, maka aku coba ½ resep aja. Hasilnya cukup memuaskan. 

Tak lupa seperti biasa selalu saja aku utak atik resep kue/cake yang aku coba (untung aku nga dokter, sempat resep obat yang dimodif2 sesuka hati, alamat nyawa orang jd taruhanya, hoho serem..). Di sini aku tidak mengunakan air hangat, tapi susu cair yang lansung aku campurkan ke bahan water roux, bagi yang berminat coba, ini resep yang telah aku modifikasi:



Bahan:
Bahan water roux:
30 gr terigu protein tinggi
130 ml susu cair full cream + 100 ml susu cair full cream

Bahan:
200 gr terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang
1/3 sachet ragi instant (dari berat satu sachetnya 11 gr): kalo aku, kira2 aja 1/3nya itu
1/3 sdt BPDA (baking powder double acting)
1 butir telur, kocok lepas
40 gr margarine

Cara membuat: 

Cara membuat water roux: campur terigu dan susu cair hingga seluruh terigu larut (tidak berbongkah), lalu masak dengan api kecil hingga kental seperti vla cair, tapi tidak sampai mendidih, angkat.

Cara membuat adonan rotinya: ayak terigu dan BPDA, kemudian campur dengan ragi, aduk rata, lalu msukkan adonan water roux, aduk. Lalu masukkan telur. Agar nga capek nguleni pake tangan bisa gunakan mixer dengan batang mixer spiral untuk mempermudah proses pengelastisan adonan. Setelah elastic/kalis, masukkan margarine, mixer lagi hingga margarine menyatu dengan adonan dan adonan tidak terlihat mengkilat. Lalu diamkan adonan sekitar ½ jam (atau tergantung cuaca, jika cuaca dingin bisa sedikit lebih lama) dan tutup bagian atas tempat adonan dengan sarbet lembab.

Setelah mengembang, ambil potong kecil (jangan disobek pakai tangan pernah aku baca, cara ini bisa merusak jaringan adonan roti yang telah terbentuk) adonan sesuai kebutuhan lalu bentuk adonan sesuai yang diinginkan. Versinya aku, adonan dimasukkan kedalam cup kertas. Lalu diamkan sekitar 45 menit, juga tergantung cuaca. Sebelum memanggang, panasken oven ditemperatur 200*C, kalo pakai ovenku panggangnya sekitar 20 menit.

3 comments:

Dan AZ said...

Halo mbak,
kunjungan perdana dari Azed Culinary. Salam kenal, mbak. betewe. kenapa link idfb 10 nya gak ada, mbak?
oia, klo mbak berkenan, kunjungi blog saya juga ya... hehe *promosi.com http://lokerklasiik.blogspot.com

Naila hari said...

Hai mbak Dan.., salam kenal juga. Iya tadinya aku heran juga kok nga bisa ngelink ke blog, tapi udah teratasi mbak. Oh, saya udah pernah kok ke blognya mbak, Orang Payakumbuh kan??, ntar saya baca lgi kalo ada entri baru :), salam

Hesti HH. said...

Maaf mbak, aku baru mampir, komennya kemarin terlewat.

Makasih dah cobain resepnya, kelihatannya cantik ngembangnya mbak, semoga rasanya juga memuaskan ya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...