Sunday 2 June 2013

Sup Daging



Sejujurnya aku bener-bener nga hobi sama masak-memasak, goreng mengoreng (yang masuk dalam kategori cooking, tapi kalo baking dan masak kue-kuean jangan ditanya nga tidur semalamanku aku lakoni, hehe), tapi untuk situasi tertentu, memasak adalah bentuk kewajiban pada keluarga dan ada kebahagiaan tersendiri jika suami minta dibuatin suatu masakan dan setelah disajikan dilahap sampe habis (nga tu juga apa habisnya karna enaka tau kepaksa, karena pas nyodorin piringnya, aku bilang “dihabisin ya yah khan mubazir itu kerja syaitan”*tak lupa menyungingkan senyuman bersyarat). 

Ayah hanif memang nga pernah sekalipun bilang nga enak apapun makanan yang sajikan untuknya. Untuk membedakan apa yang beliau suka dan yang nga beliau suka tinggal lihat raut wajahnya. Pernah satu ketika aku sodori pizza bikinanku yang rasanya nga jauh beda sama pizza resto (pengakuan sepihak :)) ayah hanif menolak dengan halus kalo makanan itu nga cocok dengan lidahnya, meski udah ku paksa tetap nga mau, kata beliau lebih enak bakwan dan kerupuk ubi, ya udah anak singkong, sambil melahap sendiri pizza itu.

Nah hari ini aku bikin sup karena ayah hanif sakit dan minta dibuatin sup sapi, maka dengan riang gembira aku bikin lah sup ini. Karena aku nga hobi masak maka proses membuatnya pun aku lakukan sesimpel mungkin. Rasanya enak, gurih dagingnya terasa kerena aku menumis dulu dagingnya dengan bawang baru kemudian direbus, rasanya mirip-mirip kuah bakso. Untuk resep sih sebenarnya sesuai selera aja, bawang putih atau bawang merahnya mau berapa banyak (boleh pake banyak bawang merah sekarang khan harganya dah turun, hehehe), suka yang kuah banyak atau kuah sedikit, atau suka asin apa nga, maka untuk resep aku nga mencantumkan kuantitas bahannya, bebas aja, masak masak goreng-goreng, jadi deh, baiklah ini resepnya:
 
Kasi taburan bawang lebih mengoda

Bahan:
Daging sapi yang nempel ditulang (terserah, bisa ditulang rusuk, tulang kaki, atau tulang ekor, bebas)
Bawang merah
Bawang putih
Merica bubuk
Daun bawang
Seledri
Kentang
Wortel
Seafood soy sauce (ini pengen nguji aja apa rasanya kalo dicampur ke sup)
Garam
Kaldu sapi sedikit aja
Minyak zaitun, untuk menumis
Daun salam

Cara membuat:
Potong wartel dan kentang, daun bawang, dan selendri, sisihkan. Bagi dua bagian bawang merah dan bawang putih, satu bagian di giling halus bersama-sama dan satu bagian lagi diiris tipis. Tumis bawang yang telah digiling halus bersama beberapa sendok makan minyak hingga kuning keemasan lalu masukkan daging, tumis hingga harum. Untuk merebusnya, masukkan sluruh bahan yang ditumis tadi ke dalam panci presto lalu tambahkan air sesuai keinginan, lalu masukkan garam dan daun salam, rebus hingga daging empuk. Setelah empuk masukkan kentang dan wortel. Sambil menunggu kentang dan wortel empuk tumis bawang yang iris tipis hingga berwarna kuning keemasan, masukkan sedikit seafood soy sauce, masukkan daun bawang tumis sebentar, lalu masukkan ke panci yang berisi daging, dan taburi seladri di atasnya, matikan api. Sajikan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...