Wednesday 19 February 2014

Cake kentang : modifikasi brownies kentang


Dari resep yang aku dapat di blognya mbak nining, kali ini aku modifikasi resepnya mengunakan kentang, mudah-mudahan sukses seperti yang sebelumnya aku modifikasi menggunakan labu. Tujuan dari eksperimen ini mencoba mensubtitusi sedikit terigu dengan pati yang terdapat pada umbi-umbian atau buah-buahan  sehingga cake jadi moist namun masih spongy. Nah ini resepnya:

 

Bahan-bahan:

4 butir telor
160 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
170 gram terigu (aku: 150 gr)
¼ sdt baking powder
100 ml susu cair (aku: 50 ml susu cair)
100 ml minyak goreng (aku 140 gr margarin meadowlea)
1/2 sdt vanili
aku: 70 gr kentang
aku: 1 sdm susu kental manis

dark cooking chocolate, dipotong-potong sesuai selera (nga pakai)
butter cream secukupnya (nga pakai)
keju cheddar secukupnya (nga pakai)

Cara membuat:


Panaskan kukusan.
Kocok telor, gula, dan emulsifier sampai putih dan mengembang
Matikan mixer, masukkan terigu + vanili, bergantian dengan susu ditambah minyak. Aduk sampai rata dengan spatula.
Olesi loyang dengan minyak goreng, alasi bawahnya dengan kertas roti.
Kukus selama 30 menit, atau sampai matang.
Angkat, dinginkan.


 

Cara membuat versi ku:

Kukus kentang, ayak bahan kering, lelehkan margarin dan susu kental manis. Blender kentang dan lelehan margarine hingga tercampur, sisihkan. Panaskan dan aduk telur dan 1 sdm gula dengan cara double boiler hingga hangat, angkat lalu mixer bertahap mnggunakan speed rendah 5 menit, 5 speed sedang, lalu masukkan emulsifier kocok dengan speed tinggi hingga kental tak berbuih. Kecilkan mixer, masukkan terigu secara bertahap mixer bentar aja. Lalu masukkan campuran minyak dan kentang yang telah di blender. Mixer dengan kecepatan rendah bentar aja. Lalu aduk balik (fold) untuk memastikan tidak ada endapan campuran minyak di dasar panci. Masukkan dalam Loyang ukuran 18x18x4 cm telah diolesi margarin dan diolesi kertas roti. Kemudian panggang dengan temperature 170*C selama 25 menit

Hasilnya: spongy sih, tapi teksturnya mirip spon yang diberi air, lembab dan rada padat. Tekstur cakenya berpori halus, namun terlalu lembab, di luar eksperktasiku. Jadi hipotesanya tambahan 70 gr kentang pada resep ini menjadikan cake lebih padat karena kentang juga mengandung pati (aku googling kandungan pati dari 100 gr kentang 15 gr, kabohidrat 19 gr dan kadar air 75 gr) dan penyebab terlalu berair/lembabnya cake ini aku rasa karena aku salah mensubtitusi bahan. 

Dengan estimasi kasar berdasarkan kandungan pati dan kadar air, maka dari 70 gr tersebut bisa mensubtitusi 10 gr tepung dan 60 gr susu cair, apa lagi aku menambahkan susu kental masih ya jadinya tambah lembab. Lain kali aku hanya menggunakan 30 gr susu cair. Ditambah lagi berat margarin juga aku udah, ckckkk terlalu banyak variabel yang diutak-atik, baru nyadar.... kayaknya ini juga menambah kelembaban cake ini. Lain kali aku pakai minyak goreng 100 ml sesuai resep ini. Inilah hasil eksperimen yang nga termanajemen, asal suka-suka aja ganti-ganti bahan, emang hobby sih :).

Rasanya cukup enak, tapi nga seenak sponge cake labu. Cake ini agak sedkit manis menurutku. Nanti jika masih ingin modif resep ini gula aku coba 140 gr saja kan udah pakai SKM.

1 comment:

Anonymous said...

Halo!

Kami melihat bahwa Anda memiliki beberapa resep yang lezat di blog Anda.

Kami ingin memasukkan blog Anda pada pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

Mohon untuk membalas email ini agar kami mengetahui bahwa Anda telah menerimanya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kami akan melihat blog Anda di daftar Top Food Blog kami.

Salam,

MyTasteIndonesia.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...