Thursday 13 February 2014

Kukis Lidah Kucing Ekonomis dan Enak

Mencoba kukis lidah kucing ini nga akan cukup dua dijamin pingin nambah lagi, setidaknya itulah yang dikatakan oleh beberapa orang yang telah mencobanya. Bahkan aku menuai pesanan dari tetangga. Keuntungan yang diperolehpun lumayan hampir 100%.

Saat membuat kukis lidah kucing ini hambatannya hanya pada saat pemanggangan, jika menggunakan oven tangkring pastikan pada saat akhir-akhir kukis akan matang dicek agar kukis tidak hangus. Tips sukses membuat kukis bisa lihat di sini.

Resep lidah kucing ini aku modifikasi sedikit, dengan menambahkan satu butir telur lagi. Mengapa aku tambah dengan 1 butir telur? katanya kuning telur memberikan rasa yang lebih renyah, so aku tambahkan 1 butir telur aja dulu dri resep ini .  Selain itu aku juga tambahkan susu kental manis. Hasilnya enak, beneran enak. Yang berminat mencoba silahkan, ini resepnya:

Lidah Kucing

Sumber resepnya dari Agung Sari. Semoga bermanfaat ya….

Bahan:

150 gr Mentega (aku: pake 450 gr margarine + 150 gr butter)
125 gr Gula Halus (aku: pake 300 gr)
150 gr Tepung Terigu (aku: pake protein sedang  540 gr, ayak bersama meizena)
20 gr Tepung Maizena (aku: pake 60 gr)
3 butir Putih Telur (aku: pake 3 putih telur + 1 butir telur utuh)
(aku: tambah 75 gr keju cheddar)
(aku: tambah 2 sdm susu kental manis)
sedikit Vanilli (aku: 1/2 sdt vanili bubuk)

Cara Membuat:

Panaskan oven 180*C. Kocok mentega, butter (bekukan dalam kulkas dulu trus potong-potong dadu, karena butter mudah mencair dalam suhu ruang), vanili, dan gula halus sampai lembut dan putih. Gunakan mixer dengan kecepatan sedang. Masukkan telur utuh ke campuran di atas, lalu masukkan putih telur secara bertahap. Kemudian kocok sampai mengembang dan putih.

Kurangi kecepatan mixer. Ayak kembali campuran terigu dan meizena ke dalam adonan secara bertahap. Kemudian tambahkan keju parut. Matikan mixer. Aduk dengan sendok kayu. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga lubangi diameter 1 cm, semprotkan di atas loyang  yang telah dialasi keras roti sepanjang 5 cm. Beri jarak antara kue kira-kira 2 cm kiri kanan dan bawah, karna kue akan melebar saat dipanggang.

Panggang sampai matang selama kurang lebih 20 menit (tergantung panas oven, perkiraannya bila kue telah berwarna keemasan dan bagian pinggir sudah mulai berwarna coklat muda, artinya kue sudah matang). Keluarkan dari oven, tunggu agak dingin baru dilepas dari loyang dengan hati hati.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...