Wednesday 17 April 2013

Bolu gulung: eksperimen II subtitusi minyak goreng dengan margarin



Setelah gagal dalamekspserimen pertama dalam mensubtitusi minyak dengan margarine, sekarang aku coba lagi. Namun kali ini aku tidak mencampur margarine dengan mayones. Oke, berikut resep yang aku gunakan:

 

Bahan:
6 kuning telur
3 putih telur (aku 2 butir telur)
90 gr gula pasir (60 gr gula pasir)
60 gr tepung terigu (40 gr terigu protein sedang)
15 gr maizena (aku : 10 gr maizena)
1 sdm susu bubuk (aku: nga pakai)
aku: 1 sdt mujung mayones
90 gr mentega cair (aku: 40 gr margarine, cairkan dan 20 ml minyak goreng)
Perisa/esen pandan (aku: 1/3 sdt vanili bubuk)

Cara:
Oles loyang ukuran 24x18x2 cm dengan minyak lalu alas kertas roti, sisihkan. Campur mayones dengan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil aduk hingga tercampur rata, sisihkan. Cairkan margarine, sishkan. Kocok telur dan gula hingga kental berjejak, lalu masukkan terigu dan mixer dengan kecepatan rendah sebentar saja (asal terigu telah tercampur rata). Kemudian masukkan mayones aduk dengan mixer (cukup sekali putaran saja) lalu masukkan sisa minyak goreng, aduk dengan mixer hingga menyentuh dasar panci (sebentar saja, kalo kelamaan mengaduk akan merusak daya emulsi adonan sehingga adonan akan cair, maka dapat dipastikan cake akan berakhir bantat). Masukkan margarine cair aduk dengan mixer tidak lebih dari 1 detik, lalu cek dasar panci dengan spatula, untuk memastikan tidak ada margarine yang mengendap.

Sampai tahap ini aku sukses, adonan masih kental dan konsisten, deg-degan bercampur girang aku masukkan ke loyang, lalu panggang dengan api bawah temperature tinggi 200*C, selama 15 menit (ini versi ovenku ya), lalu lanjut api atas hingga permukaan kue berwarna kecoklatan. Angkat, dinginkan sebentar (sekitar 5 menit) lalu balik di atas sarbet lalu gulung. Karena isiannya dalam bentuk cream maka tunggu cake dingin dulu baru di oles isian.

Hasilnya: cake patah saat digulung, dugaanku, ini karena cake terlalu lembab. Cakenya masih terlalu lunak, sepertinya kadar airnya tinggi dan masih kurang terigu, lain kali aku akan tambahkan lagi terigunya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...