Sunday 15 August 2010

Sponge cake yang bantat lagi (postingannya telat)


Ternyata jika kita telah berhasil menaklukkan satu resep sponge cake bukan berarti resep yang lain juga dengan mudah kita buat, ini buktinya aku buat resep yang lain hasilnya gatot lagi.

Kalau udah gatot bikin cake bawaan malas aja mau memfilekan hasil evaluasi. Padahal dengan dicatat akan lebih banyak ilmu yang tersimpan dari penyebab gagalnya suatu cake.
Aku coba lagi bikin cake dari resep ricke indriani.

Bahan:
6 butir telur
90 gr gula pasir halus
1 sdm cake emulsifier (aku nga pakai)
70 gr terigu protein sedang
10 gr susu bubuk
1 sdt vanilla essence
125 gr mentega, lelehkan, dinginkan

sponge cake bantat
Cara membuat versi aku:
Kocok telur 5 menit kec rendah. Naikan kecepatan menengah, masukkan gula bertahap, kocok hingga sampai soft peak. Masukkan terigu bertahap, kocok dengan kecepatan rendah, sebentar (sampai terigu tercampur) saja saat terigu dimasukkan. Masukkan margarine sesendok the, aduk dengan mixer kec rendah. Masukkan loyang 30x30x4 cm, panggang dengan suhu 200'C (api besar) selama 20 menit sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh.



Hasilnya gagal sepertinya margarinnya masih belum cair semuanya. Atau firasatku mengatakan (ciee.. firasat gitu lo) karena nga pakai emulsifier jadi sulit mengemulsikan lemak dalam cairan karena margarinnya lumayan banyak 125 gr. Jadi nanti aku coba lagi dengan resep yang sedikit margarine tapi tetap enak. Coba lagi ampe bisa…..!!!!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...