Monday 1 October 2012

Sponge cake lembab mirip tekstur butter cake: padat tapi lembut

Setelah sekian lama aku mencoba mengutak atik berbagai resep sponge cake, akhirnya aku temukan resep modifiaksiku yang cukup enak. Tekstur cakenya lembut, enak, ekomonis, kaya serat, sehat, dan rendah lemak, rada padat, yummy buangget deh,,,,. Resep aku modif total dari resep lapis surabaya ekonomisnya Ambarini yang aku dapat di blog mbak Nien ing (umekdidapur.blogspot.com). Ini resep dasar sponge cakenya yang dengan sukses aku modif.

Karna ini masih dalam tema uji coba, maka hanya aku gunakan 1/3 resep. Ini resepnya:


Bahan :
6 butir telur (aku: 2  butir)
175 g tepung terigu protein rendah (aku:
60 gr)
3 sdm susu bubuk full cream (aku: 1.5 SKM)
1/2 sdt vanilli bubuk
125 g gula pasir (aku:
45 gr)
75 ml susu cair (aku: 30 gr puree labu kukus)
1 sdm SP (aku 1/3 sdm sponge 88)
150 g mentega lelehkan (aku: 50 gr)


Cara membuat :
- siapkan 2 bh loyang 26x26, oles margarine beri kertas roti dan oles margarine lagi
- ayak tepung, susu dan vanilla bubuk
- campur semua bahan kecuali mentega, kocok dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak.
- masukkan mentega aduk dengan spatula
- tuang ke dalam 2 loyang sama banyak
- oven dengan suhu 200' selama 15 menit......
- angkat dan dinginkan



Hasilnya: enakkkkk!!!!, bener deh, cukup sesuai dengan harapanku, sedikit spongy, sedikit lembab, teksturnya halus dan rasanya enak, legit..., yummy.

2 comments:

Unknown said...

kerennnn.. tapi mau tanya nie mbak.. itu susu cair diganti semua sama labu kukus ya ??? artinya g pake susu cair sama sekali ?? tfs ya mbak...

journal ibu hanif said...

ya, benar mbak nyoman. nga pakai susu cair. namun jika ingin terasa lebih enak gunakan butter/mentega tidak margarin atau bisa gunakan separuh butter dan separuh margarin. selamat mencoba mbak. oh iya labu kukusnya bisa juga distok dikulkas dan tahan hingga 1 bulan..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...