Tuesday 7 August 2012

Ketegasan dengan teladan

Hanif sudah hampir 8 bulan dan sudah bisa merangkak cepat serta mulai berdiri dengan cara bertumpu. Sekarang ia sudah mulai menunjukkan ketertarikan yang kuat terhadap dunia luar. Selalu mengejar benda-benda yang menarik baginya, mencoba meraih apa yang aku pegang, dan menoleh dengan cepat ke arah sumber suara jika ia mendengar suara apapun.

Yang membuatku sedikit khawatir adalah kebiasaan Hanif yang memasukkan semua benda ke mulutnya. Ada benda yang aku perbolehkan masuk ke mulut hanif, tentunya untuk benda-benda yang tidak berbahaya dan beracun. Hanif akan protes jika aku mencegah benda yang aku anggap tidak baik untuk masuk ke mulutnya. Hanif akan mengeluarkan suara rengekan seperti “eh eh” , “nde nde”, dan bahkan menagis.

Aku paham benar bahwa cara Hanif memahami suatu benda, merasakan sensasi teksturnya dengan cara memasukkan ke mulutnya. Itulah dunianya, kesenangannya, dan caranya berinteraksi. Saat ini mungkin hanif dengan mudah dapat dialihkan fikirannya jika mulai merenggek jika tidak aku turuti kemauannya. Namun tak lama lagi hanif akan menunjukkan kemauan yang lebih kuat dan fisik yang lebih kuat serta menunjukkan karakteristik temperamennya jika kemauannya tidak dituruti. Jika saat itu tiba, aku harus benar-benar harus kuat. Kuat dalam arti lebih sabar dan lebih tegas.

Ya Allah semoga saat itu tiba, aku sudah benar-benar bisa mencontohkan perilaku terbaik seorang ibu. Semoga aku benar-benar sadar bahwa setiap perbuatan, ucapan, dan tindakanku akan menjadi contoh hanif. Contoh yang kelak akan menjadi karakter yang akan membangun kepribadiannya kelak. 

Wah bakal berat nih….

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...