Tuesday 7 August 2012

Sponge cake bantat lagi

Udah yang ke 3 kalinya gagal bikin sponge cake,bikin lagi ah. resepnya aku lihat di sajiansedap.com. ini resep lapis surabaya yang sedikit mengunakan telur, jadi kalo gagal nga nangis hahaha. karena ini untuk percobaan, jadi pakai resep yang bahan kuning aja. ini resepnya:


Lapis surabaya irit telur
Bahan Kuning:
5 butir telur
1 sendok teh sp
100 gram gula
100 gram tepung terigu protein sedang
15 gram tepung maizena
10 gram susu bubuk
75 gram margarin, dikocok lembut

Bahan Cokelat:
5 butir telur
120 gram gula pasir
1 sendok teh sp
90 gram tepung terigu protein sedang
25 gram cokelat bubuk
75 gram margarin, dikocok lembut
1/2 sendok teh cokelat pasta

Olesan:
100 gram selai stroberi 

Cara Pengolahan :
  1. Panaskan oven dengan suhu 190 derajat Celsius.
  2. Lapisan kuning: kocok margarin dan mentega sampai putih. Tambahkan susu kental manis. Kocok rata. Sisihkan.
  3. Kocok kuning telur dan gula sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Tuang kocokan telur ke dalam kocokan mentega sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  5. Tuang ke dalam loyang 22 x 22 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius sampai matang.
  6. Buat kue yang kuning 1 kali lagi.
  7. Lapisan cokelat: kocok margarin dan mentega sampai putih. Tambahkan susu kental manis. Kocok rata. Sisihkan.
  8. Kocok kuning telur dan gula sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  9. Tuang kocokan telur ke dalam kocokan mentega sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  10. Tuang ke dalam loyang 22 x 22 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius sampai matang.
Penyelesaian: ambil selembar kue kuning. Letakkan bagian kulit di bawah. Oles dengan selai stroberi. Tumpuk dengan kue yang cokelat. Oles lagi dengan selai stroberi. Tumpuk dengan kue yang kuning. Padatkan.

Sponge cake yang berakhir jadi kue kering
Hasilnya bantat teman-teman...., trus........ aku googling untuk cari tau penyebeb gagalnya ada dimana. Ketemu lah beberapa kesalahan fatalnya:
  • Aku nga tau kalo untuk jenis sponge cake juga dilakukan pengocokan telur sampai benar-benar kental. Saat mixer diangkat adonan telur akan jatuh  perlahan,  meninggal jejak yang lama hilang di panci pengadukan dan masih ada adonan yang melekat kaku diujung batang mixer. Jadi aku nga mengaduk sampai kondisi seperti ini. 
  • Panci yang aku gunakan mengandung minyak. Karena ini pengocakan telur utuh (putih dan kuningnya disertakan), aku fikir nga apa-apalah ada lemak dikit kan kunig telur juga mengandung lemak, duh dasar malas. Hasilnya adonan telur dan gula nga kunjung membentuk soft peak dan nga melekat di mixer. Gara-gara minyak setitik rusak adonan telur sebelanga, hiks. 
  •  Aku tidak pakai cara aduk balik. Jadi main campur, trus aduk suka-suka, hehe2. Stress si adonan dan bantatlah akhirnya. Oh ia, ini ada cara mencampuran tepung dan mentega dengan teknik aduk balik, aku lihat di ricke-ordinarykitchen.blogspot.com:   
    • Tuang bertahap bahan yang akan dicampur ke dalam adonan. Dengan menggunakan spatula karet yang bergagang cukup panjang lakukan gerakan 'memotong' adonan pada bagian tengah adonan (seperti pada gambar). Bagian bawah spatula harus bisa menyentuh dasar baskom. 'Sapu' bagian dasar baskom dengan menggunakan ujung spatula sampai ke bagian sisi dinding baskom. 'Bawa' adonan yang berada di dasar/bawah ke atas melalui bagian pinggiran baskom dengan menggunakan ujung spatula. Balikkan adonan tadi ke bagian tengah adonan seperti gerakan melipat atau seperti jika kita menutup buku. Putar baskom 90' dan ulangi cara yang sama seperi sebelumnya sambil dilakukan penambahan bahan yg akan dicampur secara bertahap. Lakukan sampai adonan benar-benar homogen. 
  • Mencairkan mentega atau margarine tidak sampai mendidih karena akan menyebabkan ia kehilangan kandungan air dan daya emulsinya. Cukup berwarna keruh aja, jadi nga perlu harus cair semua baru diangkat dari kompor. Mentega atau margarine dicampur ke adonan juga dengan teknik aduk balik. Dan nga boleh ada mentega atau margarine yang tidak tercampur karana ini akan menyebabkan kue bantat dibagian bawahnya.
     
Akhirnya kue yang bantat itu aku potong seukuran kukis, aku bakar kering, dan jadilah kue kering. Rasanya lumayanlah dari  pada kebuang, mubazirkan….

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...