Thursday 30 August 2012

Lapis Surabaya bantat versi 1


Setelah berhasil dengan bolu gulung kini aku tergerak ingin menaklukkan lapis surabaya. Dari kursus singkat dengan pak google aku tetapkan hati bikin lapis surabaya dengan bahan yang tidak memberikan resiko kerugian besar jika nantinya gatot (hehe resiko gagal tetap diperhitungkan), maka pilihan jatuh pada resep di http://www.pbase.com yang Sumbernya dari Sedap Sekejap, dan testimony yang bikin tambah menyakinkan aku.

Gini kata mbaknyaWalaupun resep ini memakai putih telur, tapi hasilnya gak kalah lho dgn resep yg menggunakan hanya kuning telurnya saja. Selain itu, gak pake pengembang apapun juga. Teksturnya halus... lembut, bahkan sampai bbrp hari berikutnya. Yg penting kocok telur dan gula ckp lama, sampai benar2 mengembang.” Ok aku siapkan bahannya:

Bahan:
Lapisan kuning:
5 kuning telur
3 putih telur
75 gr gula pasir
35 gr terigu
10 gr maizena
10 gr susu bubuk
100 gr margarine, lelehkan

Lapisan coklat:
5 kuning telur
3 putih telur
75 gr gula pasir
25 gr terigu
5 gr maizena
15 gr coklat bubuk
10 gr susu bubuk
1/4 sdt coklat pasta
100 gr margarine, lelehkan

Selai strawberry, secukupnya

Cara membuat:
Kalau memungkinkan, utk lapisan kuning, buat 2 resep sekaligus.
Panaskan oven dgn suhu 350 F (180 C).
Olesi loyang persegi 22 cm dgn magarine kemudian alasi dgn kertas roti.
Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir hingga benar2 mengembang.
Ayak campuran terigu dan susu bubuk, kemudian masukkan ke dlm adonan telur yg tlh mengembang.
Aduk rata.
Kemudian masukkan margarine yg tlh dilelehkan, aduk sampai benar2 tercampur rata.
Tuang ke dlm loyang, kemudian panggang hingga matang kira2 selama 25-30 mnt.

Lapisan Coklat:
Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir hingga benar2 mengembang.
Ayak terigu, maizena, coklat bubuk dan susu bubuk, kemudian masukkan ke dlm adonan telur.
Aduk rata.
Tuang coklat pasta, aduk.
Tuang margarine yg tlh dilelehkan, aduk rata.
Tuang ke dlm loyang, panggang hingga matang.

Penyelesaian:
Olesi lapisan kuning pertama dgn selai strawberry.
Kemudian taruh lapisan coklat diatasnya.
Olesi bag. atas lapisan coklat dgn selai strawberry, taruh lapisan kuning ke 2.

lapsur bantat
Cara aku:
Ayak bahan kering sisihkan, lalu aku kocok telur dengan teknik di tim seperti yang aku dapat di http://www.misshomemade.com caranya: Place the stainless steel bowl with the egg whites in a pan over boiling water. Add 1 tablespoon of the sugar, and whisk until eggs are warm to touch. Take off the heat and add the remaining sugar to the warm egg whites and beat until stiff peaks form. Hasilnya, kocokan telur lebih cepat kaku dan konsisten. 

Kemudian aku lelehkan margarine, sisihkan. Kemudian masukkan bahan kering ke adonan dengan cara diayak lagi langsung di panci adonan. Terakhir ambil sedikit adonan masukkan ke lelehan margarine. Nah pada tahap ini aku heran kenapa lelehan margarine nga kunjung menyatu dengan adonan (apa karena margarinnya masih panas atau pengocokakan terigu pada adonan masih belum homogen). 

Akhirnya aku masukkan aja lelehan margarine tersebut ke adonan telur trus aku aduk balik, dan seperti dugaanku adonan tiba-tiba menjadi encer, pertanda gelembung udara yang terperangkap saat pengocokan telur lepas kembali dan aku yakin seyakin-yakinnya adonan akan bantat. Dan ternyata firasatku nga salah, wong aku udah expert dalam menghasilkan sponge cake bantat, huhuhu…

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...