Thursday 30 August 2012

Lapis Surabaya bantat versi 2


Masih berkutat dengan lapis Surabaya dan masih dengan resep yang sama dengan Lapis Surabaya bantat versi 1. Dengan anggapan kalo belum mahir teknik aduk balik (tampaknya aku memang masih belum mahir dengan teknik aduk balik, heheh). Lalu kali ini aku coba eksperimen dengan teknik margarine dikocok. Mengapa aku nekad lakukan ini, karena pertimbangan bahwa jumlah margarine yang dipakai cukup untuk bisa dikocok, dan diskusi dimilis NCC menambah keyakinanku, harap-harap cemas juga sih….

Dari diskusi NCCer, aku lupa siapa nama mbaknya, bilang “teori yang aku baca kalo komposisi butter/margarine cenderung banyak disarankan margarine dikocok,waluapun pengalaman kursus di dharmaputera cake mereka lebih banyak pake margarine/mentega kocok, walaupun jumlahnya gak banyak, hasil leibh padat tapi tetep moist, dan gak banyak cucian, karena bisa nyetok margarine/butter kocok”.

dan lagi lapsur bantat
Cara aku:
Margarine dikocok hingga mengembang dan creamy lalu tambahkan 1 sdm SKM kocok rata lagi, sisihkan.

Ayak bahan kering sisihkan, lalu aku kocok telur dengan teknik di tim seperti yang aku dapat di http://www.misshomemade.com caranya: Place the stainless steel bowl with the egg whites in a pan over boiling water. Add 1 tablespoon of the sugar, and whisk until eggs are warm to touch. Take off the heat and add the remaining sugar to the warm egg whites and beat until stiff peaks form. Hasilnya, kocokan telur lebih cepat kaku dan konsisten. 

Kemudian masukkan bahan kering ke adonan dengan cara diayak lagi langsung di panci adonan. Terakhir ambil sedikit adonan masukkan ke margarine kocok. Lagi-lagi, masalah selalu ada pada saat pencampuran margarine. Adonan telur tidak mau menyatu dengan kocokan margarine, padahal aku sudah aduk balik dengan hati-hati dan sesedikit mungkin pengadukan. 

Namun tetap saja margarine nga juga menyatu dengan adonan bahkan senasib dengan kegagalan yang pertama, adonan tiba-tiba menjadi encer dan margarine jadi bergumpal dan terpisah dari adonan telur  (kurang creamy? Udah 20 menit aku kocok pakai hard mixing). 

Patah arang, tapi tetap aku baking aja dan sekali lagi menghasilkan sponge cake bantat versi 2 untuk lapsur ckckckkc….

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...