Tuesday 9 October 2012

Sponge cake labu


Setelah Hanif udah mulai pulih dari diarenya, nafsu untuk baking mulai lagi (kepala udah mulai gatal nih, mikir-mikir resep apa lagi ya yang mau diutak atik). Tuink…., resep lapis surabaya ekonomisnya Ambarini aja di utak-atik lagi (nemu di blog mbak Nien ing).  sebelumnya resep ini udah aku modif menggunakan labu sebagai pengganti susu cair, hasilnya sangat memuaskan, lihat aja ini.

Berhubung aku belum pernah mencoba resep aslinya, yang kata mbak Nien ingnya cake ini lembut, tidak berpori dan kokoh. Mmmmhhh…, penasaran pingin coba mudah mudah-mudahan sukses kayak cake labu yang juga aku modif dari resep ini. Kalo cake labu yang udah aku modif dari resep ini memang menghasilkan cake yang benar-benar moist, kaya rasa dan kokoh,,,,,,.

Ok, sekarang saatnya dicoba mumpung Hanif bobok. Berhubung masih dalam ajang bereksperimen, aku coba 1/3 resep dulu. Sekaian uji Loyang baru yang nga tinggi (sebelumnya aku pakai loyang yang tinggi), katanya loyang yang tinggi menyebabkan cake lambat matang dan matang tidak merata, artinya saat cake bagian pinggir udah kering/matang, bagian tengahnya masih lembab. Resepnya:
 

 

Bahan :

6 butir telur (aku: 2  butir)
175 g tepung terigu protein rendah (aku: 60 gr)
3 sdm susu bubuk full cream (aku: 1 sdm)
1/2 sdt vanilli bubuk (aku: 2 cubit)
125 g gula pasir (aku: 45 gr)
75 ml susu cair (aku: 30 gr puree labu kukus)
1 sdm SP (aku ¾ sdt sponge 88)
150 g mentega lelehkan (aku: 60 gr minyak goreng)

 

Cara membuat :

- siapkan 2 buah loyang 26x26, oles margarine beri kertas roti dan oles margarine lagi
- ayak tepung, susu dan vanilla bubuk
- campur semua bahan kecuali mentega, kocok dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak.
- masukkan mentega aduk dengan spatula
- tuang ke dalam 2 loyang sama banyak
- oven dengan suhu 200*C selama 15 menit.
- angkat dan dinginkan
 

Cara membuat versiku:

Ayak bahan kering (terigu, susu bubuk, dan vanili), sisihkan. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi telur, gula, campuran tepung, dan emulsifier hingga kental berjejak. Kemudian masukkan susu cair, lalu minyak goreng. Kemudian tuang ke dalam Loyang ukuran 22x22x3cm yagn telah diolesi margarin dan kertas roti. Panggang dengan temperature 180*C selama 20 menit. Setelah matang bagi dua cake lalu olesi selai coklat.

Hasilnya:

Teksturnya lembut, menul-menul dan rasanya cukup memuaskan, enak...

2 comments:

Santhyne said...

Permisi copy dan contek resepnya ya mbak :)

journal ibu hanif said...

Silahkan mbak :), tapi tolong cantumkan linknya ya mbak...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...