Tuesday 1 April 2014

Dragon fruit lemon butter cake, segar dan enak



Base cake lemon butter cake ini hampir sama dengan resep lime buter cake yang sebelumnya. Cakenya sama-sama enak tapi teksturnya agak sedikit berbeda. Apa karena pada lemon butter cake ini aku membuat butter milk, yaitu mencampur air lemon dan susu fullcream lalu mendiamkannya sekitar 10 menit. Sehingga terbentuk gumpalan susu yang berpengaruh terhadap tekstur dari cake ini yang berbeda dengan tekstur lime butter cake.

Begitulah uniknya membuat cake, beda perlakuan akan menghasilkan tekstur cake yang berbeda juga. Membuat cake melibatkan reaksi kimia yang unik. Seperti pencampuran air jeruk lemon yang bersifat asam dengan susu cair bisa menghasilkan gumpalan protein susu yang kita sebut butter milk. Butter milk ini bersifat asam dan sifat asam ini diperlukan dalam membentuk gelembung gas pada adonan.


Oleh sebab itu hampir selalu setiap resep cake yang menggunakan baking soda selalu disertai bahan lain yang bersifat asam dalam proporsi seimbang seperti butter milk, madu, buah-buahan, yogurt, susu, atau bahan lain. Reaksi baking soda dan asam ini akan membentuk gas kardondioksida dan air. Gelembung gas karbondioksida ini akan memuai jika dipanaskan. Sehingga membuat adonan mengembang dan terperangkap ketika adonan mengeras. Maka jadilah cake yang ringan dan berongga. Seperti yang terlihat pada gambar ini.



Oh iya, sekarang kita bicara tentang cream untuk frostingnya. Biasanya cream yang biasa aku gunakan untuk frosting/ pelapis cake adalah butter cream atau whipcream. Butter ada tapi untuk tipe butter cake sepertinya tidak cocok jika mengunakan frosting/pelapis tipe butter cream, menurutku hasilnya akan bikin eneg. Karena whipcream stoknya lagi nga ada, dan yang ada cuma pondan ice cream vanilla. Mmm, sepertinya oke juga kalo ice cream diaplikasikan sebagai bahan olesan. Kebetulan dikulkas ada buah naga, maka aku aplikasikan untuk filling cakenya. Setelah set dan siap disajikan, rasanya benar-benar segar, lembut, dan enak. Wangi lemon yang khas segarnya cocok sekali dipadukan dengan buah naga. Berminat? berikut resepnya:


Bahan:

2 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya)
120 gr butter
200 gr gula pasir
180 gr terigu
1 sdm maizena
½ sdt BPDA
¼ sdt soda kue
½ sdt garam
160 ml susu
60 ml juice lemon (perasan air lemon)
1 sdm kulit jeruk lemon, parut halus
Bahan frosting:
250 gr ice cream vanilla bubuk
150 ml susu cair fullcream
50 ml dairy whipcream
150 gr bauh naga, potong dadu

Cara membuat:

Ayak terigu dan BPDA, dan baking soda, sisihkan. Kocok putih telur, maizena, dan jeruk nipis dengan 100 gr gula pasir, sisihkan. Panaskan kukusan dengan api sedang. Olesi dua buah Loyang ukuran 18x18x3 cm dengan margarin dan kertas roti. Kocok butter hingga mengembang bersama 100 gr gula, lalu masukkan kuning telur, lalu kocok hingga mengembang lagi. Masukkan kulit jeruk ke adonan kuning telur, mixer hingga tercampur rata. Kemudian  masukkan susu yang diselangselingi dengan terigu.

Terakhir masukkan putih telur ke adonan kuning telur dengan cara aduk balik, aduk hingga tercampur rata. Bagi dua adonan sama banyak kemasing-masing Loyang, kukus hingga matang, sekitar 10 menit (jangan lupa tutup kukusan diberi serbet, agar uap air nga jatuh ke adonan). Setelah adonan dingin, hias sesuai selera. Untuk creamnya, aku menggunakan dairy whipcream yang dicampur dengan ice cream vanila dan susu cair fullcream. Hias sesuai selera dengan buah naga dan cream ini. Lalu dinginkan di freezer hingga set, lalu pindahkan ke refrigerator (kulkas).

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...