Showing posts with label Cooking. Show all posts
Showing posts with label Cooking. Show all posts

Wednesday, 30 January 2013

Cap cai lagi..

Suka banget sama cap cai, bikinnya mudah, trus kumplit. Dalam satu piring ada macam-macam sayur, ada proteinnya, lengkap kap kap. Untuk resep cap cai kali sebenarnya bumbu dan bahannya hampir mirip dengan yang aku bikin sebelumnya di sini, tapi yang sekarang aku pakai kecap asin yang khusus untuk sea food, namanya sea food soy sauce. saos ini bisa dibeli di supermarket pada rak saos yang dari luar tapi lihat label halalnya ya, aroma dan rasa kecapnya mantap. Aku nga pakai cumi, tapi udang laut dan juga aku tambahkan jamur kancing kalengan. 


Hasilnya, lebih enak yang ini dung..., mmm aroma dan rasanya mirip cap cai yang di jual di resto, uenakkk.

Friday, 4 January 2013

Tempoyak udang atau sambal jeruk

Simpel banget kalo mau bikin tempoyak udang ini. Nenek ku bilang ini sambal jeruk, mungkin karena udang yang dikasi saos tempoyak ini mirip jeruk kali ya. Mau coba, ini resepnya:

Bahan:
1/2 kg udang
200 gr daging buah durian yang telah diasamkan disebut tempoyak
200 ml air
2 lembar daun kunyit
1 batang serai
1 sdm cabe merah giling (suka pedas bisa ditambah lagi cabenya)
garam secukupnya

cara masaknya:
masukkan semua bahan dan masak hingga udang matang. Tada...., sedap sekejap banget deh...

Hasilnya: menurutku ini termasuk makanan terenak, kalo makan ini nga usah dicampur sama yang lain ntar rasanya bisa tambrakan. Sambal jeruk ini cukup dimakan sama nasi hangat, wuihhhh enaknya *sambil elap keringat...

Monday, 17 December 2012

Dendeng lado mudo

Kangen sama dendeng lado mudo, cari-cari resep nemu deh di sini yang gambarnya meyakinkanku. Rasanya..., jangan diragukan lagi (untuk yg gemar danging sapi..). Harum daging yang dibakar dengan bara tempurung bercampur lado mudo, bikin sepiring nasi kok terlihat dikit (nambah lagi, sambih wuhaa wuhaa kepedasan...). pinign coba.., ni resepnya :):


Bahan :

           1/2 kg daging sapi has dalam (potong tipis)
           2 sendok makan asam jawa
           4 siung bawang putih (giling halus)
           1 ruas jahe (giling halus )
           1 sendok makan ketumbar bubuk
           1 ruas lengkuas (giling halus)
           10 buah cabai muda (iris2 serong)
           3 siung bawang merah(iris)
           2 buah tomat hijau sedang ( iris )
            garam sesuai selera

Cara membuat :

1. Rebus daging dgn asam jawa dan bumbu halus sampai empuk
2. Angkat dan pukul2 daging hingga membentuk melebar dan gepeng
3. Bakar daging di atas api bara tempurung sampai harum
4. Panaskan minyak 3 sendok makan,masukan cabe hijau +bawang merah + tomat hijau.(jgn sampai layu) siramkan di atas dendeng yg sudah di tata di atas piring.


Tuesday, 23 October 2012

Semur ayam kampung dan kentang


Bikin semur ayam sepertinya enak nih. Selama merantau di Padang, yang udah hampir satu tahun, aku belum pernah bikin semur.  Ini resepnya, aku nemu di sini:





Bahan Semur Ayam Kentang :
500 gr kentang, potong tebal 1 cm
500 gr ayam kampung, potong-potong

Air 500 ml


750 ml santan dari 1 btr kelapa (aku 400 ml saja)
1 sdt gula merah (aku nga pakai)

bawang goreng (nga pakai)
 
Bumbu yang dimasukkan setelah bumbu halus ditumis (Bahan B):
4 sdm kecap manis
1 bh tomat, potong-potong
2 sdm cabe goreng
4 butir cengkeh
2 cm kayu manis
1/2 biji pala, haluskan
1/4 pekak
1 butir kapulaga
Jahe 2x1 cm
daun bawang 2 batang
seledri 2 batang

Bumbu Halus (Bahan A):
1 sdt lada ( aku 1/2 sdt saja)
1 sdt garam
3 bh kemiri
3 siung bawang putih
4 bh bawang merah

Cara Membuat Semur Ayam Kentang :
1. Rebus ayam dengan 500 ml air, hingga empuk, goreng ayam tersebut. Kemudian goreng kentang hingga matang, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai matang. Masukkan  bahan B. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan kentang, air rebusan ayam, dan santan.
4. Setelah matang, angkat lalu hidangkan dengan bawang goreng.

Monday, 22 October 2012

Gurame asam manis

Tiba-tiba teringat masa masih mengandung Hanif dan yang terlintas adalah gurame asam manis. Ya, saat mengandung Hanif ntah kenapa aku doyan lauk gurame asam manis. Saat itu aku seringnya beli ketimbang buat sendiri. Hanya sekali aku bikin sendiri yaitu saat aku jalan pagi (khas ibu hamil) sambil ke pasar terlihatlah gurame dan langsungku beli. 

Nah, kali ini pingin nyoba bikin lagi sambil bernostagia ceritanya. ini resepnya aku lihat di sini:






Bahan bahan
  • Tomat 1 buah dan nanas secukupnya di blender halus.
  • Gurame di potong potong
  • Bawang putih 3 siung di geprek
  • Wortel plus timun di iris seperti korep api
  • Nanas potong kotak secukupnya
  • Gula
  • aku pakai jahe 1 cm x 2 cm 
  • Garam
  • Saos tomat plus saos sambal
  • Maizena atau tepung sagu secukupnya
  • Telur
  • Tepung Cryspi
How to make :
Pertama siapkan penggorengan, kasih mentega dan minyak sayur sedikit, terus masukan bawang putih yang sudah di geprek api kecil, masak biar agak wangi jangan ampe gosok, masukan nanas dan tomat yang sudah di blender masak hngga matang tapi jangan gosong. Biar nanasnya gak gatal di tenggorokan, sesudahnya masukan air secukupnya. . Masukan saos tomat dan saos sambeL, masak dengan api kecil sampe mendidih, masukan gula dan garam kemudian wortel dan mentimun dan nanas,, setelah matang masukan sedikit maizena agar kental tapi jangan terlalu banyak.

Tahap kedua :
membuat tepung gurame siapkan gurame yang sudah di potong potong kecil beri sedikit jeruk nipis agar membuat segar ikan guramenya, siapkan telur yang sudah di kocok, dan tepung crispy, celupkan ikan ke dalam telor lalu beri lapisan tepung hingga rata kalau sudah semuanya sekarang untuk menggoreng gurame tersebut hingga berwarna agak kecoklatan.

Penyajian :
Simpan gurame yang sudah di beri tepung dia atas piring lalu siram dengan saus asam manisnya di atasnya.
Gurame tepung asam manis siap untuk di sajikan. CATATAN : Rasa khas yang dominan dari asam manis adalah asam dari nanas dan saos tomat.

Friday, 19 October 2012

Capcay lagi

Baking is science but cooking is art, ini lah letak uniknya memasak nga ada hitungan matematisnya, yang ada bagaimana kita bisa memadu antara bahan dan bumbu masakan tepat dengan komposisi yang pas sehingga dihasilkan masakan yang enak. Ini mirip menggabungkan setiap nada sehingga menghasilkan untaian simponi yang indah. 

Hal ini mengungatkanku pada adikku yang cukup pandai masak tapi nga suka baking kebalik sama aku. Alasannya dia kalau baking hasilnya nga bisa ditebak, nah bagi aku hasil yang nga bisa di preadiksi dari baking itulah yang sering membuatku terus penasaran dan mencoba memahami karakteristik bahan penyusun suatu cake/cookies dan variabel lain yang mempengaruhi hasil akhir dari cake/cookies. Apalagi jiga udah mulai berhipotesa dan mengutak atik komposisi bahan, itu memicu adrenalin juga apa lagi kalo pakai bahan mahal, wah keringetan nih selapa proses uji resep.
****
Baiklah kita bicara soal memasak. Kalau mulai beraksi di dapur untuk bikin masakan bumbu andalanku adalah bawang putih dan bawang merah yang ekstra, over dosis kata adikku (beanr juga, japi aku memang suka masakan yang kaya rasa dengan pengunaan bumbu yang berani dan tajam (istilahnya hahaha).

Ini resep capcaynya aku lihat di sini (aku nga ikut komposisi bahan yang ada di resep ini, khan nga bakal bantat jadi campur-campur aja):

150 gr cumi, potong kotak trus dikerat
1 batang wortel, kupas, bersih iris serong 

1 bonggol caisim, potong

3 lembar sawi putih

150 gr kembang kol

150 gr jamur merang

100 gr jagung muda, iris serong

1 batang daun bawang, iris

( sebenernya capcay itu terdiri dari 10 macam sayuran, tapi pake segitu ajaa bole kok tergantung selera ajaa yaa . . . )

1 sdm saus tiram

1 sdt merica bubuk

1/2 sdt pala bubuk bila suka

1 sdm kecap asin

1 sdm angciu bila suka

200 cc kaldu ayam

3 bawang putih, geprak

sedikit garam

sedikit minyak untuk menumis

1 sdt maizena tambah sedikit air 

sedikit minyak wijen



Directions :


  • Panaskan minyak tumis bawang putih hingga harum, masukkan cumi aduk rata
  • Masukkan kaldu ayam, masukkan saus tiram, kecap asin merica pala & angciu didihkan
  • Masukkan wortel, kembang kol, jagung muda, jamur, caisim & sawi putih tambahkan minyak wijen
  • (jangan lupa diicip dulu yaa ??) terakhir kentalkan dengan maizena.


Thursday, 2 August 2012

CAP CAI

Ada persediaan cumi di kulkas enaknya dibikin cap cai nih. Cek di kulkas bahan- bahan utamanya ada. Langsung ke dapur mumpung Hanif sedang betah main sendiri. 

Cap Cai

Bahan:
Cumi-cumi 250 gr
Brokoli 200 gr
Wartel ukuran sedang 2 buah
Tomat 1 buah
Bawang bombay 1 buah
Bawang merah 3 siung, iris
Bawang putih 3 siung, iris
Bawang putih 5 siung giling halus
Pala bubuk 1 sdt
Saus tiram 1 ½ sdt
Garam ½ sdt
Kecap asin 1 sdt
Merica bubuk 1 sdt
Kaldu sapi bubuk  ½ sdt
Tepung maizena 2 sdm
Air matang 150 ml
Minyak goreng 3 sdm

Cara membuatnya:
Tumis bawang merah setengah layu, masukkan bawang putih iris, setelah itu bawang putih giling, setelah berbau harum masukkan bawang Bombay.  Kemudian asukkan cumi-cumi setelah bawang bombay layu, tumis sampai berbau harum, lalu amsukkan wartel. Setelah itu masukakan merica, pala, saus tiram, kecap asin, garam, kaldu bubuk, aduk rata. Setelah wartel empuk, masukkan tepung maizena yang sebelumnya telah dilarutkan dengan air, aduk. Terakhir masukkan brokoli, tumis sampai brokoli agak layu, angkat dan sajikan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...